.

Kapolda Bambang Waskito sekeluarga menyatu bersama Alumni UGM di Manado dan Forward Sulut

MANADO, beritanusantara.co.id – Spirit kepedulian terhadap lingkungan benar-benar menjiwai Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Irjen. Pol. Drs Bambang Waskito. Itu terihat jelas lewat pemberian diri secara nyata dengan memboyong isteri Deonisya Ruthy dan putrinya Axel Aquila Briliandiva untuk menyatu dalam kegiatan jalan sehat dan penghijauan yang digelar Alumni Universitas Gadja Mada (UGM) di Kota Manado bersama Forum Wartawan DPRD Sulawesi Utara (Forward Sulut), Sabtu, (6/1/2018) pagi.

Terpantau beritanusantara, Kapolda beserta keluarga begitu begitu bersemangat untuk mengambil bagian dalam kegiatan tersebut. Terbukti, dikala sang mentari belum bangun dari peraduannya, Kapolda beserta keluarga justru telah tiba di lokasi start jalan sehat, yakni di kawasan lapangan Koni Sario Manado, tepatnya di depan eks kantor DPRD Sulut.  Di momentum itu, dengan akrabnya Kapolda beserta keluarga langsung berbaur dengan para peserta dan masyarakat yang ada di lokasi start, yang dilepas oleh putri Kapolda, yakni putrinya Axel Aquila Briliandiva.

Kapolda Sulut Bambang Waskito menyerahkan bibit pohon cempaka kepada anak-anak untuk di tanam

Harmonisasi lain tercipta juga ketika melintasi rute jalan sehat, Kapolda seakan tak mampu menahan gejolak dalam hatinya saat memimpin langsung rombongan jalan sehat. itu tercermin lewat ekpresi senyuman dan canda tawa, hingga memicu keriangan semua peserta di sepanjang perjalanan. Alhasil, meski melintasi rute yang terkategori cukup jauh, namun semua perserta seakan tidak merasakan keletihan saat tiba di lokasi finish yakni di Taman GodBless, Jalan Piere Tendean, Kota Manado.

Kapolda Sulut mendampingi dan menanam bibit pohon bersama anak-anak

Kegiatan ini sendiri diikuti Asisten 3 Setdaprov Sulut, Drs John Palandung MSi, Kepala Kodam XIII Merdeka diwakili Kepala Penerangan Kol. Inf. Andy Suryadharma, Walikota Manado diwakili Asisten II Hendrik Warokka, pimpinan BNI wilayah XI, Eko Setyawan dan Dewanta Ary Wardhana, sejumlah pejabat dan puluhan wartawan.

Sesaat setelah rehat dan dirangkai dengan seremonial singkat, kegiatan penamanan dilakukan dengan diawali penyerahan bibit pohon oleh Kapolda beserta para pejabat kepada kalangan anak-anak. ini bertujuan agar dapat memberi motivasi dan pendidikan kepada anak-anak betapa pentingnya untuk menjaga lingkungan tetap asri dan hijau.

Istri Kapolda Sulut Deonisya Ruthy besama anak-anak melakukan penanaman pohon

Selanjutnya, Kapolda dan keluarga beserta para pejabat, diarahkan mendampingi dan menanam pohon jenis cempaka bersama-sama kalangan anak-anak yang hadir dan mengikuti kegiatan tersebut, yang kemudian diikuti oleh semua peserta.

Sebelum kegiatan penanaman, Kapolda Bambang Waskito yang didapuk oleh panitia pelaksana untuk memberikan sambutan, mengajak masyarakat peka dan langsung melakukan rehabilitasi lingkungan yang rusak. “Saya senang sekali wartawan dan alumni UGM bisa melaksanakan kegiatan ini karena kami sekeluarga juga adalah pecinta lingkungan. Saya dan isteri adalah diver. Kami melakukan rehabilitasi karang laut, teman-teman wartawan dan alumni UGM melakukan rehabilitasi lingkungan daratan,” jelas Bambang Waskito ikut didampingi isteri dan putri tercinta. Deonisya Ruthy dan Axel Aquila Briliandiva.

Istri Kapolda Sulut Deonisya Ruthy besama anak-anak melakukan penanaman pohon

Dikesempatan yang sama, perwakilan alumni UGM di Kota Manado, Taufik Tumbelaka, mengatakan kegiatan jalan sehat dan menanam pohon ini melibatkan anak-anak untuk menggerakkan generasi muda peduli terhadap lingkungan. “Karena alam bumi ini adalah titipan untuk anak cucu sehingga penyelamatan lingkungan harus dilakukan setiap saat di semua tempat. Kerusakan lingkungan akibat pembangunan tidak terkendali perlu diimbangi dengan kepedulian seperti kegiatan menanam pohon hari ini,” terang Taufik Tumbelaka.

Asisten 3 Setdaprov Sulut, Drs John Palandung MSi saat melakukan penanaman bibit pohon cempaka

Ketua Panitia, Jerry Palohoon, menyampaikan terima-kasih kepada Pemprov Sulut melalui Dinas Kehutanan Daerah dan Pemkot Manado yang telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan. “Terima-kasih kepada Dinas Kehutanan Daerah Provinsi Sulawesi Utara yang telah menyiapkan bibit pohon dan Pemerintah Kota melalui Dinas Pemuda Olahraga serta Dinas Lingkungan Hidup telah menyiapkan lahan penanaman. Kegiatan menanam perlu dilaksanakan secara reguler tentu disertai penyediaan bibit dari instansi terkait,” tandas Jerry Palohoon.

Penulis : Jeffrie Montolalu