Karwur: 32 Kepala Sekolah Kota Tomohon Akan Terima NUKS

TOMOHON, beritanusantara.co.id Sebanyak 32 orang kepala sekolah saat ini segera akan menerima NUKS (Nomor Unik Kepala Sekolah) dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Dr Dolvin Karwur MKes MSi saat memberikan laporan pelaksanaan kegiatan pada acara Gebyar Pendidikan tahun 2018 Kota Tomohon yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidiakan dan kebudayaan Kota Tomohon, bertempat di Auditorium Bukit Inspirasi Tomohon, Selasa (08/05/2018).

“Kami menerima dari kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia terhadap kepala sekolah yang sudah di ujikan selama berbulan-bulan, dan sudah diseminarkan dan dinyatakan 32 orang yang ikut sampai tahap akhir semuanya dinyatakan lulus dan saat ini segera akan menerima NUKS (Nomor Unik Kepala Sekolah) ini tidak mudah untuk diperoleh, untuk itu kami bersyukur dari 32 orang yang sudang mengikutinya semuanya dinyatakan lulus. ini adalah prestasi yang di sumbangkan bagi masyarakat Kota Tomohon.” Ungkap Karwur.

Selain itu ia juga melaporkan, terkait penguatan kebudayaan, karwur mengatakan letak peradaban dan budaya bangsa serta budaya lokal terus disandingkan sebagai bentuk penegasan jati diri dan karakter anak bangsa.

Kearifan lokal terus dikembangkan, diantaranya melalui penggunaan pakaian daerah dan budaya berbahasa Tombulu, dimulai dari lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah hingga ke seluruh PAUD, SD/MI dan SMP/MTS yang ada di Kota Tomohon yang dapat meluas secara menyeluruh ke lapisan masyarakat Kota Tomohon.

“Dalam rangka menguatkan Kebudayaan di Kota Tomohon kami sudah memulai program ‘Ari Epat Endo Tumoku Pake Kabaya, dan ‘Ari Epat Endo Tumombulu’. saya mengimbau agar kita terus belajar sesuatu dari kekurangan menjadi sempurna, saya berharap 1 atau 2 tahun kedepan, seluruh masyarakat Kota tomohon termasuk anak-anak bisa berbahasa tombulu.” katanya.

Pada Gebyar Pendidikan ini ditampilkan tarian Maengket dari  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon, pagelaran seni dari para pemenang lomba dan penyerahan Piagam dan hadiah kepada sekolah dan siswa-siswa berprestasi di ajang OSN dan FLS2N.

“Pada akhirnya saya menyampaikan kepada bapak ibu sekalian, selamat untuk bersama-sama dengan kami dan jika ada yang menitipkan anak-anaknya kepada kami untuk kami didik, kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya sambil bermohon kita akan saling bergandengan tangan menuju masyarakat makmur sejahtera, dan marilah kita bergandengan tangan menuju kota tomohon semakin sejahtera yang bertumbuh secara ekonomi karena pendidikan yang dikedepankan.” tutup Karwur. (SLY)

Baca Juga :
Wawali SAS Hadiri Gebyar Pendidikan Tahun 2018 Kota Tomohon
SAS: SDM Yang Terdidik dan Berkualitas Adalah Kunci Kemajuan Bangsa