Kejari Minut Ajak Siswa SMA Perangi Korupsi

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id – Rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi (HAK) pada Minggu 9 Desember mendatang, Kejaksaan Negeri (Kejari) Minut Airmadidi, menggandeng siswa SMA dengan menggelar Lomba Yel-yel, Stand up Comedy dan Pengucapan Tri Krama Adhyaksa tingkat SMA se-Kabupaten Minut, Rabu (5/12) di lapangan kantor Kejari Minut.

Dengan bertema Melangkah Pasti, Cegah dan Berantas Korupsi, kegiatan ini dibuka oleh Plh Kajari Minut, Fien Ering SH MH.

Peserta yang berasal dari kelas 1 sampai kelas 3 ini di nilai oleh  dewan juri yang terdiri dari Kejari Minut, Dispar Minut dan 2 orang Dinas Pendidikan Minut.
Ering dalam sambutannya mengatakan, kegiatan lomba hari Anti Korupsi selalu dilaksanakan setiap tahunnya. “Saya sangat senang para siswa sudah ikut turut memeriahkan kegiatan ini karena mereka nantinya akan menjadi penerus bangsa yang harus menjauhi tindakan korupsi,” katanya.
Dirinya mengharapkan kiranya peserta yang menjadi pemenang dalam kegiatan ini bisa ikut berkompetisi dalam tingkat provinsi dan bahkan secara Nasional. “Karena ini juga sesuai dengan arahan dari bapak Kajati Sulut agar nantinya siapa yang menjadi pemenang bisa ikut berlomba hingga tingkat nasional,” tambah Ering.
Ketua Panitia sekaligus Kasi Intel Kejari Minut Mursyidi SH mengatakan lomba ini dilaksanakan untuk memupuk mental anti korupsi sejak usia dini kepada generasi penerus bangsa. “Kami tentunya merasa bangga karena siswa-siswi begitu antusias mengikuti lomba ini. Hal ini menjadi suatu nilai tambah bagi sekolah, karena dengan lomba ini, sejak dini siswa telah disosialisasikan tentang tindak pidana korupsi yang merusak sendi kehidupan bangsa,” tutur Mursyidi.
Lomba yel-yel ini diikuti oleh 19 peserta, 7 peserta lomba stand up comedy dan 12 peserta Tri Krama Adhyaksa dimana keseluruhan berasal dari SMAN 1 Airmadidi.
Adapun juara pertama dalam lomba stand up comedy yakni Effenbert Kaunang, juara 2 Marchelino Oley dan juara 3 Putri Boham. Sementara untuk juara 1 lomba Tri Krama Adhiyaksa diperoleh oleh Magdalena Karambut, Juara 2 Syalom Malingkonor dan Juara 3 Valeri Lubis.(mt)