Kepala BNPB RI Serahkan Bantuan 500 Juta Untuk Penanggulangan Bencana Di Sangihe

SANGIHE, beritanusantara.co.id – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Letjen Doni Monardo, turut memberikan rasa empaty dan simpati yang dalam terhadap duka warga Sangihe khususnya Kampung Lebo, Kecamatan Manganitu yang menjadi korban bencana alam tanah longsor dan banjir bandang pada akhir pekan lalu.

Dalam kesempatan itu, Monardo dihadapan pemerintah Kabupaten Sangihe menyatakan bahwa negara saat ini hadir di Sangihe untuk turut andil dalam duka akibat bencana yang telah terjadi.

“Saya kemarin waktu bersama-sama dengan Pak Presiden Joko Widodo dalam satu pesawat menuju ke Bogor sempat ditanya Pak Presiden bagaimana Sangihe. Perhatian Presiden kepada Sangihe sebagai beranda paling depan NKRI bagian utara begitu besar, makanya saat ini saya hadir disini”, ungkap Monardo, Senin (6/1).

Monardo berpesan agar masyarakat dan pemerintah daerah dapat menjaga alam agar setidaknya bisa meminimalisir dampak bencana alam.

Menurut Monardo, Sangihe yang memiliki sejarah kelam pernah dilanda tsunami pada ratusan tahun silam, baiknya menjadi pembelajaran berharga bagi kita semua untuk dapat meminimalisir bencana yang akan terjadi.

“Baiknya ada penguatan yang harus dilakukan bersama-sama lintas sektoral dalam meminimalisir dampak bencana yang akan terjadi ke depan”, imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Monardo menyerahkan bantuan yang langsung diterimah Bupati Sangihe, Jabes Ezar Gaghana di Rumah Jabatan Bupati.

Bantuan tersebut diantaranya Rp 500 juta untuk penanggulangan bencama Kampung Lebo, dana stimulan pembangunan rumah warga yang terkena dampak bencana di semua lokasi Sangihe masing-masing Rp 50 juta untuk rumah tang hanyut maupun tertimbun longsor, Rp 25 juta untuk rumah rusak parah dan Rp 10 juta untuk rumah tang rusak ringan.

Untuk dana stimulan ini, Monardo meminta Bupati untuk segera membuatkan Surat Keputusan (SK) secepatnya. (allen)

============================================================================== ******************* beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================