Ketua DPRD Miky Wenur Pimpin Paripurna Tanggapan Walikota, PU Fraksi Ranperda Penambahan Penyertaan Modal Pada PD Pasar Kota Tomohon

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Ketua DPRD Ir Miky Junita Linda Wenur MAP, memimpin Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon dalam rangka mendengarkan tanggapan Walikota terhadap Pemandangan Umum (PU) Fraksi-Fraksi mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Tomohon tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Pada Perusahaan Daerah Pasar Kota Tomohon, Senin (13/5/2019).

Ketua DPRD Ir Miky J L Wenur, MAP saat memimpin jalannya sidang Paripurna didampingi Wakil Ketua DPRD Carrol Senduk SH dan dihadiri oleh anggota DPRD Kota Tomohon.

Dalam Pemandangan umum fraksi Partai Golkar dan Fraksi PDIP menyoal mengenai besaran bagian laba/deviden sebesar 15 % per tahun  atas penyertaan modal yang diberikan pemerintah daerah kepada perusahaan daerah pasar, Fraksi Partau Golkar memberikan pandangan bahwa dalam rangka pemanfaatan serta optimalisasi barang milik daerah sebagai obyek dari penyertaan modal pemerintah daerah saat ini, kami sependapat dengan pandangan fraksi PDIP, fraksi demokrat dan fraksi gerindra.

Sementara pandangan fraksi Demokrat dan fraksi Gerindra perihal kegiatan operasional PD Pasar termasuk dalamnya kegiatan usaha, pelaporan keuangan, pembinaan pedagang, serta permasalaahan mengenai persampahan, dapat  kami sampaikan bahwa berkenaan dengan kegiatan usaha PD

Walikota Tomohon Jimmy Eman dalam tanggapannya menyampaikan sebagaimana telah di sampaikan pada pidato pengantar beberapa waktu yang lalu, bahwa penambahan penyertaan modal pemerintah daerah kepada Perusahaan Daerah Pasar (PD Pasar) berupa bangunan yang dinilai dengan uang adalah sebesar Rp. 14.740.546.000, jumlah tersebut menambah dari nilai penyertaan modal yang tercatat pada neraca Pemerintah Daerah Kota Tomohon sampai pada 31 Desember 2017 yakni sebesar Rp. 10.518.418.797.

“Tujuan dari penyertaan modal ini yakni pertama  meningkatkan kinerja PD Pasar sehingga mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat; kedua meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan perekonomian daerah; ketiga meningkatkan pendapatan asli daerah; dan keempat mengoptimalkan pendayagunaan barang milik daerah.” Kata Walikota

Lanjutnya, dengan Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Pada Perusahaan Daerah Pasar Kota Tomohon, Pemerintah Kota berharap PD Pasar selaku penerima manfaat, bertanggungjawab atas perencanaan, pembangunan, pemeliharaan dan pengawasan barang milik daerah sebagaimana telah diatur dalam rancangan peraturan daerah ini.

Dengan diterimanya Ranperda ini untuk dibahas lebih lanjut, Pemerintah Kota tomohon menyambut juga baik persetujuan dari para anggota dewan yang terhormat untuk membahas rancangan peraturan daerah tentang penambahan penyertaan modal pemerintah pada perusahaan daerah pasar Kota Tomohon ke tahap selanjutnya.

Ketua DPRD Kota Tomohon Miky Wenur mengungkapkan dengan diterimanya Ranperda tentang penambahan penyertaan modal pemerintah pada perusahaan daerah pasar Kota Tomohon dalam pemandangan umum fraksi-fraksi dan dengan didengarnya tanggapan Walikota terhadap Pemandangan umum Fraksi-fraksi, maka Ranperda ini akan dibahas ke tahap selanjutnya sesuai mekanisme dan tata tertib DPRD.

Pada Rapat Paripurna ini juga telah dibentuk Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Tomohon tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Pada Perusahaan Daerah Pasar Kota Tomohon, dan terpilh sebagai Ketua Pansus adalah Anggota DPRD Bpk Frets Herdi Keles, ST dari Fraksi Partai Golkar.

Turut hadir pada paripurna, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. H.V. Lolowang, M.Sc serta seluruh jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (SLY)