KPU Minahasa Lantik 75 PPK dan 810 PPS Pemilu Legislatif-Pilpres 2019.      Korengkeng : PPK-PPS Junjung tinggi Netralitas

MINAHASA, beritanusantara. co. id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa melaksanakan pengambilan sumpah/janji dan pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), untuk Pemilu Legislatif-Pilpres 2019, pada jumat 9/3/18, bertempat Wale Ne Tou Minahasa Tondano.Sebanyak 75 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 25 Kecamatan, dan 810 Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 227 Desa dan 43 Kelurahan, diambil sumpah oleh KPU Minahasa.

Dalam sambutannya Komisioner Ketua Divisi SDM dan Permas, Kristoforus Ngantung SFils, mengatakan, bahwa melalui proses panjang maka pada saat ini PPK dan PPS akan dilantik,” ini merupakan isyarat bahwa semuanya siap menyukseskan dalam melaksanakan tugas sesuai kewenangan yang diberikan,” katanya.

” Anda boleh tampil profesional dan dengan integritas, tumbuhkan kepercayaan dan kredibilitas kepada masyarakat pada pelaksanaan Pemilu,” tegasnya.

Sementara itu dalam laporan oleh Komisioner Lord Malonda SPd, mengatakan, bahwa pembentukkan PPK dan PPS telah diatur dalam undang PKPU no 7 tahun 2017, no 2 tahun 2018 atas perubahan no 1 tahun 2017. Malonda pun menjelaskan terkait proses pelaksanaan seleksi PPK dan PPS.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan KPU Minahasa oleh Sekretaris KPU Minahasa, Dr Meidy Malonda, dimana lewat pembacaan SK ini juga dijelaskan tentang tugas kewenangan PPK dan PPS.Setelah nama-nama PPK dan PPS yang akan dilantik dibacakan Sekretaris KPU Minahasa. Kemudian pengambilan dan sumpah/janji oleh PLH Ketua KPU Minahasa Dicky Paseki SH MH.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan Pakta Integritas, oleh perwakilan PPK dan PPS untuk suksesnya Pemilu 2019.

Sekdakab Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, dalam sambutan mengatakan, bahwa dengan dilantiknya PPK dan PPS ini merupakan bukti kesiapan menyukseskan Pemilu Legislatif dan Pilpres.
” Kiranya momentum ini dapat menjadi penyemangat, memberikan pengabdian terbaik, karna PPK dan PPS merupakan bagian penting dalam pelaksanaan Pemilu, saya berharap segera lakukan koordinasi secara vertikal maupun horizontal sehingga dapat menghasilkan Pemilu yang berkualitas,” katanya.
Korengkeng ingatkan agar PPK dan PPS untuk menjunjung tinggi Netralitas dan profesional sehingga tidak terpengaruh rayuan bujukan yang bisa merugikan pribadi dan masyarakat. “ujarnya.
Sementara itu, PLH Ketua KPU Minahasa Dicky Paseki SH MH, mengatakan, bahwa inilah pasukan yang disiapkan untuk laksanakan pemilu 2019 (PPK dan PPS Red),” atas nama KPU Minahasa saya ucapkan selamat, anda adalah yang terpanggil dan terpilih, ini adalah amanah yang harus kita respon dan sikapi, ini merupakan tantangan kita, jadi harus siap, berkomitmen dalam melaksanakan pemilu 2019,” tegasnya.
” bekerjalah dengan integritas, jati diri yang jangan boleh diganggu siapapun, apalagi dalam mengambil keputusan. Selamat melaksanakan tugas, sesuai regulasi yang ada,” katanya lagi.
Pada akhir acara, Ketua KPU Minahasa Meidy Yafeth Tinangon hadir setelah mengikuti Tes di KPU Provinsi Sulut, dan dimandatkan untuk memberikan Ucapan terima kasih,” terima kasih anda telah memberi diri, selamat bertugas, mari kita kerja profesional untuk suksesnya Pemilu 2019,” ujarnya.
Hadir juga dalam kegiatan ini, Dandim 1302 Minahasa Kol Inf Jubert Nixon Purnama STh, Pimpinan Panwas Minahasa Erwien Sumampouw, Perwakilan Kejaksaan, serta tamu dan undangan lainnya.