Kunjungi Kroasia, SBANL Promosikan Kopi Tomohon dan Kopra Sulut

Hits: 5

Tomohon, BNC – Hasil pertanian bumi nyiur melambai makin mendunia. Ini menyusul kearifan yang dilakoni Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Ir Stefanus BAN Liow MAP (SBANL) yang tak henti mempromosikan produk-produk ungggalan dari daerah ini. Diantarannya, dengan mempromosikan produk Kopi Tomohon dan Kopra Sulut, saat mengunjungi Negara ke Negara Balkan Kroasia.

Kunjungan senator asal Sulawesi Utara ini ke ke Zagreb, Ibukota Kroasia, Senator Stefanus Liow diterima langsung Duta Besar Indonesia untuk Kroasia Suwartini Wirta. Dan dikesempatan itu, SBANL langsung menawarkan produk Kota Tomohon seperti kopi dan produk Sulawesi Utara seperti kelapa dan lainnya untuk dipasarkan di Kroasia.

Kendati hanya negara kecil dengan penduduk kurang lebih 4 juta jiwa, namun Suwartini Wirta mengatakan bisa memasarkan produk yang ditawarkan Senator Stefanus Liow ke negara pecahan Yugoslavia tersebut.

”Walaupun penduduk Kroasia tidak banyak, namun saya berharap bisa menjadi pintu masuk produk-produk Sulawesi Utara maupun Indonesia di negara-negara Eropa,” kata duta besar pada pertemuan Minggu (19/3/2023).

Senator Stefanus Liow adalah salah satu anggota rombongan Komite II DPD-RI pimpinan Yorrys Raweyai dan  Dr Ir H Abdullah Puteh MSi dalam kunjungannya sepekan terakhir ini.

Kunjungan dilakukan salam rangka penyempurnaan Undang-Undang (UU) Perikanan Indonesia terutama issu global climate changes, penangkaran ikan air tawar dan peningkatan dan kesejahteraan nelayan. Dalam kunjungan tersebut, rombongan mendatangi Desa Lbjuln, tempat penangkapan air tawar terbesar Trout Distrik Sonebor.

Senator Stefanus Liow sangat mengharapkan parapengusaha di Sulawesi Utara bisa menangkap peluang pemasaran di Eropa melakuk Kroasia, terutama produk kopi dan kelapa.

”Atas nama pribadi dan keluarga, saya mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa bagi umat Muslim,” kata Senator Stefanus Liow. (Jeffrie RM)