Launching Dukcapil Tomohon Go Digital 2019

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Dinas Kependudukan  dan Pencatatan Sipil Kota Tomohon melaunching Dukcapil Tomohon Go Digital, yakni Penerapan TTE (Tanda Tangan Elektronik), Layanan Online Akta Kelahiran, Peluncuran Aplikasi e-Dukcapil Tomohon, Peluncuran Digital Publik Informasi dan Penetapan TRC-Pelangi (Tim Reaksi Cepat Pelayanan Langsung Jadi), Bertempat di Lantai 3 Wale Kabasaran, Selasa (28/5/2019).

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA dalam sambutannya sekaligus membuka rangkaian kegiatan ini secara resmi mengatakan pada prinsipnya pemerintah daerah sangat apresiatif dlm memberi perhatian terhadap penyelenggaraan, penerbitan, dan pemanfaatan data kependudukan, dlm rangka menjamin hak-hak sipil dan keabsahan pribadi setiap warga negara.

“Mari semua elemen masyarakat untuk mendukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi kependudukan (GISA), sbgm telah dicanangkan oleh pemerintah: sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemanfaatan data kependudukan, sadar pemutakhiran data kependudukan dan sadar melayani demi membahagiakan rakyat”. Ajak Walikota.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tomohon Albert J Tulus SH mengatakan atas komitmen Walikota dan Wakil Walikota Tomohon mengadakan pelayanan kepada masyarakat dalam satu tempat dan telah menyiapkan Mall Pelayanan Publik utk melayani hampir semua jenis pelayanan, termasuk Disdukpencapil diberi fasilitas oleh Walikota melayani semua jenis pelayanan di Mall Pelayanan Publik Wale Kabasaran.

“Tahun ini demi melayani masyarakat yang lebih baik, maka hari ini Walikota Tomohon berkenan akan melaunching Dukcapil Tomohon Go Digital Tahun 2019.” Ungkap Tulus.

Diantaranya peluncuran aplikasi e-Dukcapil Tomohon versi 1.0. aplikasi tersebut, bisa lewat mobile app atau bisa di unduh di android app google play (e-Dukcapil Tomohon).

Masyarakat Kota Tomohon dimana saja, kapan saja, bisa cek data pribadinya, bisa cek dokumen apa yg sdh diproses, apakah sdh selesai atau belum, bisa melihat persyaratan pengurusan dokumen dan tidak perlu buang waktu datang bertanya ttg persyaratan di Kantor Dukcapil,

Masyarakat juga dapat mengunduh formulir dukcapil utk bisa diprint sendiri dirumah dan bisa jg memanfaatkan TRC-Pelangi Dukcapil atau Tim Reaksi Cepat-Pelayanan Langsung Jadi di Dukcapil,

Selanjutnya masarakat bisa mengirim pesan untuk bertanya tentang pelayanan Dukcapil atau meminta pelayanan perekaman KTP Elektronik di rumah terutama bagi penduduk yang berkebutuhan khusus atau lansia dan yang sakit, maka Dinas Dukcapil akan memberi informasi atas keperluan masyarakat.

Peluncuran Digital Publik Informasi dan Antrean Digital, dalam peralatan tersebut, berisikan slide show foto kegiatan, ketentuan dan peraturan, tata cara dafduk (daftar kependudukan) dan capil (catatan sipil), data statistik kependudukan, polling layanan kepuasan publik, tampilan video, tampilan pesan dan tersedia juga kotak saran dan informasi dalam bentuk running teks dan lain-lain yang ditempatkan di Ruangan Tunggu Pelayanan Disdukpencapil Kota Tomohon.

Masih dalam rangkaian kegiatan yang sama juga dilaksanakan penyerahan KIA dan Akte Perkawinan kepada masyarakat.

Turut hadir, Sebagai Narasumber Sekretaris Dinas Dukcapil dan KB Sulut Drs Wendy Karwur MAP, mewakili Dirjen Dukcapil Adjrun Rahmad, mewakili Kejari Tomohon Kasubsi A Seksi Intelejen Negeri Tomohon Mariska J S Kandouw SH MH, Asisten Kesra Tomohon Drs O D S Mandagi, Asisten Perekonomian Tomohon Ir Djoike Karouw MSi, serta jajaran Pemkot Tomohon. (SLY)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================