Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Tomohon 2018-2023 dilantik

TOMOHON, beritanusantara.co.id Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE Ak yang diwakili oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Drs Octavianus DS Mandagi menghadiri kegiatan Peningkatan Kapasitas dan Jaringan Kelembagaan Pemberdayaan Perempuan dan Anak, serta melantik dan mengukuhkan Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Kota Tomohon Periode 2018-2023 yang dilaksanakan di Rudis Wali Kota Tomohon, Selasa (13/2/2018).

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman, SEAk dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I mengatkan bahwa saat ini masih ada terdapat kesenjangan pencapaian hasil pembangunan perempuan dan anak, terdapatnya peraturan perundang-undangan yang bias dengan masalah gender, diskriminatif terhadap perempuan dan anak oleh sebab itu perlu adanya langkah dan kebijakan yang dilakukan dalam memperkuat kelembagaan dan jaringan pengarusutamaan gender dan anak, ketersediaan data serta partisipasi masyarakat.

“Laki-laki dan perempuan, serta anak laki-laki dan anak perempuan memiliki hak untuk bisa mendapatkan akses, partisipasi, control dan perolehan manfaat pembangunan yang setara disesuaikan dengan pengalaman, kebutuhan dan permasalahan masing-masing sehingga mereka mendapatkan keadilan dan kesetaraan.” Jelas Mandagi.

Mewakili Wali Kota, mandagi berharap kerjasama dan hubungan baik dapat terjalin dengan seluruh perangkat daerah, lembaga/instansi dan seluruh masyarakat sehingga tercipta suasana yang harmonis dan kondusif bagi masyarakat Kota Tomohon.

“Selamat atas dikukuhkannya Komisi Perlindungan Anak Indonesia Kota Tomohon, dengan harapan dapat melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing dengan penuh semangat dan tanggungjawab untuk pembangunan bangsa terlebih untuk Kota Tomohon.” Kunci mandagi.

Sebelumnya, Kadis Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Kota Tomohon dr Olga Karinda dalam laporannya mengatakan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah agar  meningkatnya kapasitas SDM dan jaringan kelembagaan pemberdayaan perempuan dan anak serta terlaksananya pembentukan tim penguatan kelembagaan pemberdayaan perempuan dan anak.

Hadir pula dalam kegiatan ini Wakapolres Tomohon Kompol Joyce Wowor, Kalapas Anak Kelas II Tomohon Bpk Budi Sarjono, Bc IP, SAg, SH , Kalapas Perempuan Tomohon Dra Anggreini Hidayat dan jajaran, dan narasumber Bpk Boaz OW Wilar dan Ibu DR Ruth Umbase dan Bpk Syamsudin, ST MSi, instansi terkait, TP PKK Kota Tomohon sampai TP PKK kelurahan, Forum Peduli nakan dan Perempuan, unsur Forum Anak Daerah Kota Tomohon dan Unsur P2TP2A. (SLY)