Lestarikan Budaya Suku Minahasa, Disbudpar Tomohon Gelar Festival Budaya Daerah

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon mengadakan Festival Budaya Daerah Kota Tomohon bertempat di Aula Anugerah Hall, Rabu (18/04/2018). 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon DR Dolvin Karwur MKes MSi dalam arahannya mengatakan, Atas nama Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak dan Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan beserta seluruh Pemerintah Kota Tomohon berterimakasih kepada seluruh peserta lomba yang telah mengambil bagian dalam kegiatan Festival Budaya Daerah Kota Tomohon.

“Untuk diketahui Lomba Kabasaran ini merupakan yang pertama kali diadakan di jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon, ini merupakan wadah untuk melestarikan kebudayaan nenek moyang kita Suku Minahasa, kesempatan ini juga melibatkan masyarakat dalam unsur melatih setiap tumpukan yang ada” Ujar Karwur

Konsep seperti ini merupakan juga sarana proses pembelajaran secara langsung yang diadakan di luar ruangan untuk menumbuhkembangkan wawasan para pelajar.

Kegiatan ini dilaksanakan 18-19 April 2018 dan lomba yang diadakan yaitu Kabasaran, Kolintang, Maengket, Katrili dan Tarian Tradisional. Sebelumnya diawali dengan Tarian Kabasaran masal oleh seluruh peserta. Peserta dalam kegiatan ini yaitu siswa-siwsi SD dan SMP se Kota Tomohon. (SLY)