Lima Hari KPU Verifikasi Berkas Pendaftaran Paslon

MINAHASA. beritanusantara. co. id– Kurang lebih selama lima hari, Kamis (11/01) kemarin hingga, Senin (15/01) pekan depan, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa lakukan verifikasi berkas pendaftaran pasangan calon. Hal ini dibenarkan Ketua KPU Kabupaten Minahasa, Meidy Yafet Tinangon, SSi, M.Si kepada sejumlah wartawan, Kamis (11/01) kemarin.
Menurut Tinangon, KPU akan memverifikasi seluruh berkas pendaftaran yang diserahkan pasangan calon bupati. “Penyelenggara Pemilu memiliki waktu lima hari untuk menelusuri keabsahan berkas persyaratan yakni dari 11-15 Januari mendatang. “Semua pasangan calon telah menyerahkan seluruh berkas pendaftaran mulai dari surat pengusungan partai seperti B-KWK dan BB1 KWK. Namun, terdapat persyaratan yang bisa diperbaiki dimasa perbaikan tujuh hari ke depan setelah hasil penelutian kami serahkan. Karena kalau tidak ada sama sekali atau tidak diperbaiki pasti calonnya tidak akan memenuhi syarat,” ujar Tinangon.
Tinangon juga mengatakan, terdapat uraian persyaratan yang bisa dipenuhi menyusul. “Seperti surat keterangan dari pengadilan, dari KPK untuk LHKPN. Itu bisa diperbaiki. Verifikasi untuk memastikan keabsahan berkas pendaftaran, yakni mulai 11 sampai 15 akan melihat seperti apakah dilegalisir ijazahnya,” katanya sembari menambahkan, jika ada kekurangan, KPU akan memberitahukan ke setiap pasangan agar melengkapi jika masih ada yang kurang.