Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulut Desa Leilem Wakili Kabupaten Minahasa  

MINAHASA,beritanusantara.co.id – Pasca menjuarai lomba Desa tingkat Kabupaten Minahasa beberapa waktu lalu, Desa Leilem Kecamatan Sonder menjadi utusan mewakili Kabupaten Minahasa pada lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi Utara, yang pada Selasa (28/05) siang mulai dinilai tim penilai.

Hukum Tua Leilem Victor M L Roring. Dalam laporannya, dia
menyampaikan profil Desa dan dokumen lainnya, yang selanjutnya dilanjutkan dengan penyerahan dokumen kepada Tim Penilai, serta penyerahan laporan hasil evaluasi perkembangan Desa tingkat Kabupaten Minahasa dan Surat Keputusan Penetapan Juara lomba Desa tingkat Kabupaten Minahasa oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Minahasa Djefry Sumendap Sajow SH kepada Tim Penilai.

Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas PMD Djefry Sajow menyampaikan selamat karena atas berkat kasih Tuhan, Desa Leilem boleh menjadi wakil Minahasa dalam lomba Desa tingkat Provinsi, serta menyampaikan selamat datang dan apresiasi kepada Tim Penilai Tingkat Prov Sulut.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi momentum yang baik untuk mengevaluasi, mendorong dan meningkatkan penyelenggaraan Pemerintah Desa, ke arah yang lebih baik kedepannya.

“Saya mengapresiasi seluruh Desa yang telah berusaha memberikan yang terbaik sejak dari penilaian tingkat Kecamatan hingga Kabupaten, yang akhirnya telah menghasilkan pemenang tingkat Kabupaten, yang hari ini akan dinilai dalam lomba tingkat Prov Sulut. Secara khusus saya menyampaikan apresiasi dan kebanggaan bagi Perangkat dan masyatakat desa Leilem yang telah berhasil menjadi yang terbaik di tingkat Kabupaten Minahasa,” ujarnya.

Lomba Desa ini menurutnya, bertujuan untuk mengevaluasi dan menilai sejauh mana perkembangan Desa, serta bermaksud untuk mendorong bahkan memotivasi Pemerintah Desa dalam mengidentifikasi dan mengoptimalkan potensi yang ada dalam kurun waktu 1 tahun, demi terwujudnya peningkatan kualitas hidup masyarakat.

“Disamping sebagai wadah untuk memberi penghargaan atas prestasi yang dicapai dalam memajukan, memandirikan dan mensejahterahkan masyarakat, termasuk terdepan dalam pelayanan masyarakat dan percepatan pembangunan Desa,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas PMD Sulut selaku Ketua Tim Penilai Lomba Desa tingkat Prov Sulut yang diwakili Kepala Bidang Pemerintahan Desa Grace Tangkumahat SSos, mengucapkan selamat kepada Pemerintah dan masyarakat Leilem yang bisa mewakili Minahasa dalam penilaian evaluasi perkembangan Desa sekaligus lomba Desa tingkat Provinsi, yang menurutnya merupakan agenda nasional yang diselenggarakan di seluruh tanah air, yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari Desa dan Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/ Kotan Provinsi dan regional, dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 81 Tahun 2015, tentang evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan.

“Untuk pelaksanaan lomba Desa dan Kelurahan tahun 2019, penekanan penilaian lomba terdapat pada kualitas penyelenggaraan Pemerintah Desa dan Kelurahan. Selain itu, inovasi Desa juga mendapat bobot yang lebih besar dalam mekanisme penilaian ini nantinya,” ujarnya, sembari juga melanjutkan dengan penjelasan teknis dan perkenalan Tim Penilai, serta penilaian langsung di lapangan dan wawancara dengan Perangkat Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa, serta penilaian administrasi, papan data dan dokumentasi lainnya.