Manado Layak Jadi Pusat Perdagangan Hasil Pertanian

MANADO, beritanusantara.co.id – Kota Manado sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sangat strategis dijadikan pusat perdagangan komoditas pertanian Indonesia bahkan Asia Pasifik. Pernyataan ini diungkapkan Ir. Sonya Selviana Kembuan (SSK) di Manado.
Selanjutnya SSK mengatakan, dirinya melihat potensi Manado sebagai pusat perdagangan hasil pertanian ini, ditunjang dengan masih dipertahankannyan produksi beberapa komoditas pertanian maupun perkebuan dari kabupaten/kota lain oleh petani, yang memiliki nilai eknomis seperti hasil olahan Kelapa, Cengkeh, Pala, Vanili, serta beberapa jenis Palawija dan Hortikultura.
“Selain mengendalikan stok, pusat perdagangan komoditas pertanian juga menjamin kestabilan harga ditingkat petani dan pedagang. Selama ini hasil pertanian dan perkebunan Sulut, harus keluar daerah dan harganya dipermainkan oleh orang-orang yang mengeruk keuntungan sepihak, bahkan tidak pernah memperhatikan kebutuhan petani sebagaim produsen, sebab harga komoditas dipermainkan hingga posisi sangat rendah dan sangat tidak layak ditingkat petani. Nah dengan sentral perdagangan ada di Manado, maka para trader ini beraktifitas di Manado dengan harga yang bersaing yang kedepan adalah keuntungan di pihak petani. Petani tinggal mempercayakan produknya kepada para Trader dengan pola bagi hasil, sesuai dengan perjanjian yang saling menguntungkan dan diawasi oleh pemerintah kota. Prinsipnya dengan pusat perdagangan ada di Manado, semua diuntungkan terutama petani sebab harga mengikuti harga pasaran dunia dan untuk lokal sudah ada patokan harga terrendah yang saling menguntungkan,” kata SSK. (Tim)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================