MDB Jabat Plt Ketua DPD Partai Demokrat Sulut, Barisan Bintang Mercy Kembali Bersatu

MANADO, beritanusantara.co.id, Partai Demokrat Sulawesi Utara kembali menemukan marwahnya sebagai partai politik yang besar di Bumi Nyiur Melambai.  Spirit Bersama Kita Kuat, Bersatu Kita Bangkit sebagaimana jorgan Partai berlambang Bintang Mercy ini semakin mantap, menyusul ditetapkannya Mor Dominus Bastiaan (MDB) sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat (DPD PD) Provinsi Sulawesi Utara.

Sebagai figur pemersatu barisan Bintang Mercy di Sulut, MDB dimandatkan secara sah untuk menggantikan Andi Timo Pangerang. Kepercayaan besar itu dibuktikan dengan terbitnya Surat Keputusan (SK) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, nomor: 118/SK/DPP.PD/DPD/IX/2020, tertanggal 25 September 2020, yang ditandatangani oleh Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Sekjen Teuku Riefky Harsya.

SK DPP Partai Demokrat

Kebijakan DPP PD ini memang sangatlah tepat guna mengembalikan kesolidan dan serta kejayaan partai ini di Sulut, setelah hampir dua tahun di terpa gejolak internal akibat hengkangnya GSV Lumentut ke partai lain pada tahun 2018 silam.

Sejarah mencatat, saat meninggalkan Demokrat, GSVL berstatus sebagai ketua DPD PD Sulut periode 2016-2021, setelah terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah PD Sulut sebagaimana digelar pada medio September tahun 2016  silam. Lebih ironisnya, GSVL memilih keluar dari Demokrat, disaat yang krusial yakni di masa puncaknya pelaksanaan perhelatan politik untuk pemilihan anggota DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi serta DPR RI, yang tentu saja memberikan dampak yang sangat signifikan bagi perolehan kursi legislatif.

Sebagai Ketua DPD Sulut, GSVL diberhentikan oleh DPP PD dengan secara tidak hormat pada tanggal 28 Sepember 2018, yang kemudian digantikan oleh E.E Mangindaan sebagai pelaksana tugas pada tanggal 1 Oktober 2018. Dan dalam proses selanjutnya, E.E Mangindaan kemudian digantikan oleh Andi Timo Pangerang. Diketahui, Andi Timo Pangerang dalam struktur DPP PD menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) I.

Menyikapi keputusan DPP ini, Mor Dominus Bastiaan menyambutnya dengan sukacita. Diakuinya, kepercayaan tersebut menuntut tanggung jawab yang besar guna membesarkan Partai Demokrat di Sulut. Namun, figur populis yang sekarang tercatat sebagai calon Wali Kota Manado periode 2020-2024 ini menyatakan siap menjalankan amanah untuk mewujudkan harapan dan menggapai tujuan Partai Demokrat di Sulut, yaitu hadir guna membangun daerah dan mensejahterakan rakyat.

“Membesarkan partai bukan hanya tugas pelaksana ketua, tetapi harus bersinergi sekaligus mendapat dukungan dari semua elemen di dalam tubuh partai. Oleh sebab itu, saya mengajak semua anggota, kader, pendukung dan simpatisan untuk bergandeng tangan bersama-sama membangun dan membesarkan partai. Bersama-sama Kita Kuat, Bersatu Kita Bangkit demi kemajuan daerah dan kesejahteraan seluruh masyarakat,” ujar MDB.(*)