Meriah, Parade Pangan di Minut

Bupati VAP : Saya Bangga Ketahanan Pangan di Minut

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id – Parade Pangan Lokal Kabupaten Minahasa Utara (Minut), yang diprakarsai bupati Vonnie Anneke Panambunan, STh dan digelar  Dinas Pangan yang di kepalai Ir. Johana Manua di Zero Point Minut pada Senin (18/11/2019), berlangsung meriah dan dihadiri langsung bupati VAP, Sekda Ir. Jemmy Kuhu dan jajaran Pemkab Minut.
Kegiatan Parade Pangan Lokal ini, merupakan  rangkaian peringatan HUT Ke-16 Kabupaten Minahasa Utara.
Peserta parade di lepas langsung oleh Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh.


Dalam sambutannya, bupati VAP mengungkapkan apresiasinya positif dengan pelaksanaan kegiatan pangan ini.
“Ketahanan pangan sangat penting. Mengapresiasi Dinas Pangan Minut yang menggelar Parade Pangan Lokal, membuktikan ketahanan pangan dan ketersediaan pangan di Kabupaten Minahasa Utara, puji Tuhan sangat Aman!”, Kata Bupati Panambunan.
Selanjutnya VAP menyebutkan, Parade yang menampilkan kekayaan alam Minut, dari makanan pokok seperti beras, jagung dan umbi-umbian, beranekaragam buah-buahan, sayur-mayur yang segar hingga aneka ragam produk makanan olahan khas Minahasa Utara, harus menjadi agenda rutin. “Bangga mempunyai daerah yang subur, mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Minahasa Utara”, ungkap Bupati Panambunan.
Kepala Dinas Pangan Kabupaten Minahasa Utara Ir. Johana Manua mengatakan, “Penganekaragaman jenis pangan dan meningkatkan mutu gizi makanan rakyat, ketersediaan pangan dan ketahanan pangan Kabupaten Minahasa Utara menjadi program prioritas kami”, ujar Ir. Johana Manua.

Lanjutnya, “Parade Pangan Lokal yang di gelar dalam rangka memperingati HUT Ke-16 Kabupaten Minahasa Utara menampilkan berbagai bahan pangan kebutuhan masyarakat Minahasa Utara,    buah-buahan, sayur-sayuran dan produk olahan khas Minahasa Utara yang beraneka ragam.
Untuk mempercepat keberhasilan penganekaragaman pangan, sesuai dengan Peraturan Presiden tentang Kebijakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumberdaya Lokal dan Peraturan Menteri Pertanian tentang Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Berbasis Sumberdaya Lokal yang menjadi acuan pemerintah daerah Kabupaten Minahasa Utara dalam melaksanakan penganekaragaman pangan, Dinas Pangan melakukan kegiatan nyata di lapangan. Antara lain melalui optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan dengan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan Optimalisasi Lahan Pekarangan (OPAL) yang  saat ini sudah di laksanakan di Kecamatan-kecamatan dan saat ini, di Parade Pangan Lokal inilah Dinas Pangan tampilkan hasilnya”, tukas Johana Manua antusias.


Parade Pangan Lokal di hadiri juga oleh Sekretaris Daerah Ir. Jemmy Hengki Kuhu MA, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Utara Denny Lolong SSos, Kejaksaan Negeri yang di wakili oleh Kasi Pidsus Hendra Saputra, Wakapolres Kepolisian Resor Minahasa Utara, Assisten I, II dan III dan para Kepala SKPD serta masyarakat Minut. (mt)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================