Minimalisir Penyebaran Covid-19, Sekkot Lolowang Pimpin Rapat Melalui Teleconfrence

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Menindak lanjuti arahan Kemenpan RB dalam meminimalisir dampak dan penyebaran Covid-19 ini, Walikota Tomohon Jimmy Feidir Eman SE Ak,CA yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc mengadakan Teleconference bersama Pejabat Pemerintah Kota Tomohon  menggunakan aplikasi zoom dipimpin langsung oleh sekda yang dilakukan dari Command Center Mall Pelayanan Publik (MPP). Senin (22/3/2020)

Sekda Lolowang dalam kesempatan ini mengatakan bahwa kita melaksanakan rapat secara online ini berkaitan dengan anjuran pemerintah pusat agar melakukan social distancing (menjaga jarak dalam hubungan sosial) dan saat ini menjadi Physical Distancing (Menjaga jarak secara Fisik) sehingga tidak ada pertemuan secara langsung.

Rapat ini dilakukan melalui teleconference bersama seluruh kepala perangkat daerah yakni 42 kepala PD sampai kepada para camat.

Rapat ini membahas tentang pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menegaskan bahwa dari asisten Pemerintahan dan Kesra bersama Sat Pol PP, Camat dan Lurah akan menindak lanjuti kepada Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang ternyata keluyuran atau tidak tinggal di rumah, ini untuk mencegah kejadian seperti di Itali akibat tidak disiplin dan tidak mendengar anjuran dan arahan pemerintah.

Para camat dan lurah diberikan wewenang  untuk menegur dan mengawasi dan memperingatkan orang-orang dalam pengawasan agar tidak jalan-jalan/keluyuran tetapi tinggal di rumah masing-masing.

Sesuai protap pengawasan orang dalam pengawasan wajib dipisahkan dengan yang lain bahkan alat-alat makan yang digunakan.

Menurut Sekda Lolowang di Tomohon ada 266 orang dalam pengawasan.

Sebelumnya Arahan Kementerian PANRB melalui Surat Edaran MenPANRB No. 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah Kota Tomohon.

Yaitu seluruh ASN di kementerian/lembaga maupun Pemerintah Daerah wajib dipekerjakan di rumah atau tempat tinggalnya selama dua pekan, mulai 16 sampai 31 Maret 2020.

Saat melakukan Rapat Teleconfrence, Sekda didampingi Assisten Administrasi Umum Drs ODS Mandagi, Kaban BPBD Drs Robby Kalangi MM dan Kadis Kominfo Novi Politon  SE MM. (SLY)