Minut miliki 10 ribu blangko E-KTP

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Minut menjamin ketersediaan fisik E-KTP bagi masyarakat yang melakukan perekaman identitas diri. Kepala Disdukcapil Susana Katuuk SE melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Minut, Anita Enoch SH MSi.

“APBN saat ini menjamin ketersediaan blanko fisik KTP-EL. Kami (Disdukcapil Minut) awal tahun ini sudah memiliki 10 ribu KTP-EL fisik yang masuk,” ujar Enoch.

Dikatakan Enoch, saat ini sudah ada 11.300 warga yang melakukan perekaman KTP-EL dan siap di print radio record (PRR) atau dicetak. Jumlah tersebut masih akan ditambah lagi lewat pengajuan ke pemerintah pusat.

“Penambahan ini akan dilakukan kami dalam pertemuan di Batam pada tanggal 7 Februari mendatang, untuk menutupi kekurangan 1300 blanko,” terangnya.

Ditanya soal apakah Disdukcapil Minut akan melakukan perekaman di setiap kecamatan secara mobile, dikatakan Enoch, jika itu harus sesuai dengan permintaan pemerintah kecamatan.

“Itu tetap kami lakukan sesuai dengan permintaan pemerintah kecamatan. Hanya saja, disaat kami turun secara mobile, banyak warga yang enggan melakukan perekaman dan mungkin karena kesibukan. Untuk triwulan I ini kami konsentrasi dulu dengan pencetakan KTP-EL bagi mereka yang telah melakukan perekaman,” ungkapnya.

Enoch-pun menghimbau agar masyarakat yang belum memiliki kartu tanda penduduk agar bisa melakukan perekaman secara langsung di kantor Disdukcapil Minut. Sebab kegunaan untuk KTP-EL ini sangat penting bagi masyarakat untuk melakukan pengurusan sehari-hari.

“Yang sering terjadi disaat warga sudah sangat memerlukan baru kemudian berusaha melakuan perekaman, hal ini tentunya cukup menyulitkan karena data yang ada akan kami kirimkan dulu ke pusat. Setelah data tersebut terinput baru kemudian fisik KTP-EL bisa dicetak,” tutup Enoch. (mt)