MTM : Sulut Tetap Terbuka Untuk Warga Papua

MANADO, beritanusantara.co.id – Mengemukanya niat sebagian warga Papua yang saat ini beraktivitas sebagai Mahasiswa dan pekerja di beberapa wilayah di Sulawesi Utara (Sulut), untuk kembali ke daerah asalnya, menyusul keluarnya himbauan Majelis Rakyat Papua (MRP) harus disikapi secara bijak seluruh pemangku kepentingan.

Marten J Rotinsulu, SH, Bendahara Umum LSM Maesa’an Tou Malesung Sulut di Manado, Selasa (03/09/2019) menilai pulangnya sebagian warga Papua dinilai sebagai hal yang wajar,  dan layak sebagai warga yang jauh dari sanak saudara, dan kemudian merasa rindu untuk bertemu keluarga di daerah asal atau juga hendak menyelesaikan urusan yang berhubungan dengan studi. “Selang beberapa tahun terakhir tidak ada diskriminasi orang Papua yang umumnya adalah Mahasiswa, dan jika ada yang kembali, mungkin mereka telah selesai studi atau juga merasa rindu dengan keluarganya di Papua dan adalah hak untuk kembali dan semata-mata bukan karena himbauan,” kata Jero sapaan akrabnya.
Rotinsulu kemudian mengatakan perlu dikemukakan bahwa warga Minahasa dan Sulut pada umumnya sangat terbuka dan sangat kehadiran warga Papua sebagai saudara, bahkan ikatan persaudaraan ini sudah terjalin sejak lama, baik hubungan sosial terutama pendidikan. Apalagi saat ini sudah banyak saudara warga Papua yang menyelesaikan pendidikan tinggi di Sulut. Dari sisi hubungan dalam Adat dan Budaya juga sudah sejak lama antara kami Minahasa dan Papua telah bersaudara, sehingga jaminan kekeluargaan tetap terjaga hingga saat ini.
“Bagi kami warga Papua di Sulut adalah keluarga kami, sama seperti di Papua menerima orang Minahasa sebagai saudara, Prinsipnya Papua diterima di Sulut dan dijamin untuk tinggal dan bersekolah serta berusaha di bidang perekonomian. Bahkan percampuran darah antara Minahasa dan Papua sudah sedemikian banyak baik di daerah ini, maupun di Papua sendiri. Marilah kita memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan warga Papua di Sulut layaknya kita bersaudara.” ujarnya. (mt)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================