Papua Barat Lirik Pemberdayaan Ekonomi Rakyat di Minahasa Utara

April Gelar Rakornis di Manado

AIRMADIDI-beritanusantara.co.id- Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pemberdayaan Masyarakat Papua Barat 2018, dengan alasan mendekatkan dengan daerah percontohan dilaksanakan di Manado pada 3 April 2018 mendatang.

Kegiatan tahunan yang lazim dilaksanakan di tiap-tiap kabupaten/kota di Papua Barat ini, dilaksanakan di luar daerah adalah semata-mata dalam rangka kunjungan lapangan meninjau pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) kemudian pemanfaatan Dana Desa, khususnya dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Kabupaten Minahasa Utara adalah salah satu tujuan utama kunjungan lapangan Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), hal ini seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Papua Barat melalui Sekretaris Saul Kareth pada wartawan baru-baru ini.

“Kehidupan masyarakat di Sulawesi Utara khususnya masyarakat di Minahasa Utara hampir mirip dengan kehidupan masyarakat di Papua Barat, sehingga kami tertarik untuk melihat langsung pemberdayaan masyarakat desa yang ada,” ungkap Kareth

Dari hasil tinjau lapangan awal, sudah ditetapkan tiga (3) Desa di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), yang dijadikan daerah sasaran studi banding pemanfaatan Dana Desa yakni Desa Suwaan Kecamatan Kalawat,  Kokoleh I Kecamatan Likupang Selatan dan Desa Marinsow Kecamatan Likupang Timur.

Beberapa hal yang menjadi daya tarik Papua Barat di Minahasa Utara seperti pembuatan Batako yang dikelola Bumdes, pembuatan embung sederhana serta pembuatan Gasebo.

Rakornis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) se Kabupaten Papua Barat akan digelar 3-4 April 2018 di Ibis Hotel Manado termasuk  peninjauan kembali lokasi di tiga Desa yang ada di Minut. (mt)