Paripurna Istimewa HUT Minut Ke-16 Diwarnai  Pakaian Adat Minahasa

Tokoh Pendiri, Ketua DPRD, Bupati dan Forkopimda kabupaten Minut Tiup Lilin HUT Bersama

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id  —  Rangkaian perayaan HUT Kabupaten Minahasa (Minut) Utara ke-16, Rabu (20/11/2019) ditandai dengn pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Minut di ruang sidang Gedung Tumetenden.

Suasana meriah Paripurna Istimewa yang dipimpin langsung Ketua DPRD Minut Deny K. Lolong, S.Sos didampingi para wakil ketua Sintya Gelly Rumumpe dan Olivia Mantiri, semakin terkesan istimewa ketika para legislator Minut sebagai peserta sidang serta tamu dan undangan, terlihat mengenakan pakaian Adat Minahasa sebagai simbolisasi penghargaan terhadap kearifan lokal, yang ada di kabupaten sebagai pemekaran dari kabupaten Minahasa ini.

Terlhat juga hadir dalam kegiatan ini, Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan, STh, Wakil Bupati Ir Joppy Lengkong, Msi, Asisten 1 Bidang Kesra Provinsi Sulut Edison Humiang sebagai parakilan gubernur, Kapolres Minut AKBP Grace Krisna D Rahakbau SIK M.Si, Dandim 1310/Btg Letkol Inf Kusnandar Hidayat S.Sos, Kajari Minut Vanny Widiastuti SH, MH, Kepala PN Airmadidi Mohamad Sholeh SH MH, perwakilan Danlantamal VIII/Mdo Letkol Laut Reynold Sendenewa,Mewakil Danlanudsri Letkol Taufan Subiantoro, Wakapolresta Manado AKBP Faisol Wahyudi SIK, para anggota DPRD Provinsi Sulut dapil Minut-Bitung diantaranya Melky Pangemanan, Fabian Kaloh, Berty Kapojos dan Jhonny Panambunan, Wakil Bupati Bolmong Yani Tuuk, wakil ketua PDIP Sulut Joune Ganda, Para pejuang pendiri kabupaten Minut diantaranya Sus Sualang Pangemanan, kepala SKPD dan jajaran, KPU, Bawaslu, Camat, Hukum tua, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan tamu serta undangan.

Ikut juga dilakukan pembacaan sejarah singkat kabupaten Minut diselingi peragaan paduan suara dan musik bambu serta tarian khas Minut.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Denny Lolong menyampaikan, melalui paripurna istimewa diajak kepada seluruh masyarakat untuk semakin meningkatkan rasa cinta dan peduli terhadap kabupaten Minut menuju kepada Minut yang semakin berbudaya,berdaya saing dan semakin sejahtera.

“Di momentum Hari Jadi kabupaten Minut marilah torang tingkatakan rasa persaudaraan, sebab Torang samua basudara dan Torang samua ciptaan Tuhan, yang merupakan warisan para leluhur tanah Minahasa Utara. Dan marilah kita jadikan peringatan hari jadi ini, sebagai wahana untuk menilai perjuangan kita melangkah dan seberapa besar kontribusi kita dalam mengisi pembangunan di Minut kususnya dan NKRI umumnya,” ujar Lolong.

Bupati Minahasa utara Vonnie A Panambunan S.Th, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Minahasa Utara, berkaitan dengan HUT Kabupaten Minut ke-16 tahun,

“Selamat hari jadi Minahasa Utara yang ke – 16 di Tahun 2019, semoga selalu dalam lindungan dan selalu di Berkati. Saya berpesan untuk siapapun yang akan menjadi Bupati Minahasa Utara ke depan, agar jangan menyombongkan diri dan lanjutkan perjuangan demi kemajuan dan kesejahtraan masyarakat di Minahasa Utara,” kata Bupati.

Asisten 1 Sulut Edison Humiang ketika membacakan sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey,SE mengatakan, atas nama pemerintah Sulut senantiasa mengucapkan selamat HUT ke -16 Tahun kepada Pemerintah dan segenap komponen masyarakat Minut.

“Dimomentum HUT ini marilah kita melaksanakan evaluasi,koreksi dan intropeksi atas kinerja yg telah di capai, sehingga dapat diketahui seberapa jauh pencapaian kinerja yang menjadi tanggung jawab kita baik sebagai pejabat maupun masyarakat,”kata Humiang.

Puncak rapat Paripurna Istimewa DPRD Minut sebagai peringatan HUT Kabupaten Minut ke 16 Tahun, dilaksanakan pemasangan lilin ulang tahun oleh Bupati Minut, kemudian secara bersama-sama ditiup oleh Pejabat Forkopimda Minut dan dilanjutkan dengan pemotongan kue Hut oleh Ketua Dewan dan Bupati, kemudian membagikannya kepada anggota Forkopimda, para tokoh pendiri Minut dan terakhir kepada ketua KPU Minut Stela Runtu serta ketua Bawaslu Minut Simon Awuy. Kegiatan diakhir dengan acara kebersamaan dan keakraban. (mt)