Pastor Rikon Misa Perdana di Watutumouw

KALAWAT, beritanusantara.co.id-Walaupun bukan menjadi tempat penugasan Pastor Rikon Patiama, Pr, yang nantinya ke Paroki Tentena Poso Sulawesi Tengah, Umat Katolik Paroki Santa Ursula bersyukur dengan dengan ditahbiskannya Pastor Rikon Patiama Pr dan melaksanakan misa pertamanya yang digelar di Gereja Santa Ursula Watutumou Kecamatan Kalawat Minggu (12/05/2019).

Dalam misa pertamanya, Pastor Rikon Patiama bertindak sebagai Selebran tunggal dengan didampingi oleh Pastor Paroki Jhony Rawung MSc dan Dosen Seminari Tinggi Pineleng Jonas Ajas Pr. Saat Khotbahnya, umat yang hadir dibuat terpaku dan terharu ketika Pastor Rikon kemudian mengisahkan awal dirinya berkuliah di IPI Kota Tomohon, dengan tidak memiliki perlengkapan tulis menulis dan hanya bermodal sehelai kertas HVS dan alat tulis pemberian rekan sesama. “Untuk kuliah, apa saja yang penting kuliah, kemudian saya diberikan petunjuk untuk berkuliah di IPI. Ketika tiba dan mendaftar, ternyata besoknya sudah harus kuliah, dan saya tidak mempersiapkan perlengkapan sama sekali. Dan saya kemudian memulai kuliah hanya dengan selembar kertas HVS dan alat tulis dari seorang teman kuliah yang bermurah hati memberikannya,” kata Rikon mengisahkan awal perjuangannya menjadi pastor. Selanjutnya Rikon sangat bangga dan berbahagia pentahbisan Imam kepada dirinya yang tidak lepas dari peranan pastor Paroki serta ikat di gereja Santa Ursula. “Dukungan dan juga motivasi dari Pastor Paroki serta seluruh umat Santa Ursula sangat berarti sehingga saya bisa menyelesaikan masa daikon, kemudian ditahbiskan sebagai Imam di Keuskupan Manado,” kata Rikon Camat Kalawat Johan Wewengkang S.Sos mewakili Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan, STh (VAP), mengaku bangga dan mengapresiasi akan perjuangan Pastor Rikon Patiama sehingga bisa ditahbiskan sebagai Imam di Keuskupan Manado. “Selamat kepada Pastor baru, pemkab bangga dan mengapresiasi atas pencapaian yg sudah diraih. Pemkab akan terus mendukung pelayanan. Pembangunan mental spiritual,” kata camat Wewengkang yang sebelumnya bertugas camat di Talawaan. Secara terpisah, Pastor Paroki Santa Ursula Jhony Rawung MSc, menyebutkan sakramen imamat adalah rahmat dan tugas dari Tuhan untuk menggembalakan umat yang ada. “Sakramen Imamat merupakan serta tugas bagi kita yang akan memulaikan sebuah tugas pelayanan dan penggembalaan, sehingga saya mengajak kita semua yang nantinya bertugas sebagai imam, untuk membangun semangat pastoral di daerah yang sulit dengan kerendahan hati, jujur dan adil,” ajak Rawung.(mt)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================