PD Pasar Kota Tomohon Tertibkan Ruko dan Kios Yang Menunggak

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Perusahan Daerah (PD) Pasar Kota Tomohon melaksanakan penertiban di pasar beriman Kota Tomohon, pada area yang dialarang berjualan dan ruko atau kios yang menunggak, Jumat (8/6/2018).

Direktur Umum (Dirum) PD Pasar Kota Tomohon, Bpk Adrian (Boy) Ngenget SE Ak di dampingi Direktur Operasi Bpk Wilhelm Gontha dalam arahannya kepada petugas penertiban mengatakan “Pada dasarnya penertiban kali ini ada dua penertiban yakni penertiban untuk area-area yang dilarang untuk berjualan dan penertiban untuk pedagang-pedagang yang menunggak untuk pembayaran tahunan maupun retribusi harian atas Ruko dan Kios.”

Dijelaskannya, teknis pelaksanaannya, penertiban ini Tim di bagi menjadi 3 kelompok yakni Kelompok A dan B didampingi staff PD Pasar, bertugas khusus untuk penertiban di Ruko dan Kios atas pedagang-pedagang yang menunggak dan Tim C ditugaskan untuk penertiban di area yang dilarang untuk berjualan.

“Kali ini kurang lebih ada 30 pedagang yang akan di tertibkan yaitu 15 Ruko dan 15 Kios yang sudah menunggak, bahkan ada yang sudah sampai empat tahun tidak membayar” ungkap Ngenget.

Lanjutnya penertiban ini adalah untuk menegakkan Perda No 17 tahun 2008, dan setiap Kios atau Ruko yang menunggak maka ruko atau kios tersebut akan di segel sementara sampai dilunasinya tunggakan tersebut..

“Sesuai Perda 17 Tahun 2008 disebutkan, apabila dalam waktu tiga bulan tidak membayar maka perusahan boleh melakukan penyitaan atau menarik ijin kontrak mereka.” bahkan ada yang sudah empat tahun tidak membayar, ungkap Ngenget.

Namun demikian, Dirum menambahkan bahwa pada penertiban ini, pihak PD Pasar tidak akan langsung mengadakan penyegelan tapi masih memberikan keringanan waktu pembayaran.

“Pada penertiban ini, kita tidak akan langsung mengadakan penyegelan, namum memberikan dispensasi kepada para pedagang yang bersedia melunasi tunggakan tersebut dalam waktu dua bulan tentunya dengan membuat surat pernyataan yang ditandatangani oleh pedagang di atas meterai,  dan apabila dalam waktu yang di sepakati tidak di lunasi juga, maka pihak PD Pasar akan langsung mengadakan penyegelan.” Ujar Dirum.

Penertiban ini berjalan lancar, turut serta pada kegiatan penertiban ini, Pihak Kepolisian, TNI, Sat-Pol PP, Sekurity PD Pasar, Direksi dan Karyawan PD Pasrar Kota Tomohon. (SLY)