Peduli kesehatan warga, Lurah Rendra Musak tangani langsung penyemprotan disinfektan

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Pandemi virus Corona COVID-19 ditanggapi sangat serius oleh Pemerintah Kota Tomohon, khususnya Kelurahan Kinilow. Berbagai cara dibijaki dan ditempuh guna memerangi dan memutus mata rantai penyebaran virus ini. Satu diantaranya seperti yang dilakukan Lurah Rendra Ch. Musak, S.IP, yang langsung menangani sendiri proses penyemprotan cairan disinfektan di tempat umum, tempat ibadah serta seluruh rumah-rumah milik warga Kelurahan Kinilow.

Kepada media ini, Lurah Rendra menegaskan, pandemi virus corona ini harus diperangi secara bersama-sama oleh semua pihak, sesuai dengan kapasitas dan tanggung-jawab masing-masing. Caranya yakni mematuhi dan menerapkan kebijakan serta aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah baik dari Pusat, Provinsi, maupun Kota.

“Artinya, demi menjaga kesehatan masyarakat, dan menghindari agar warga terkena virus corona, kami Pemerintah Kelurahan Kinilow harus proaktif mewujud-nyatakan aturan dan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat hingga Pemerintah Kota Tomohon. Ini tugas kami pemerintah!, dan tugas masyarakat yaitu dengan tetap di rumah menjalankan isolasi mandiri serta social distancing termasuk treatmen lain untuk mencegah penyebaran virus ini,” ujar Lurah Renda saat ditemui di sela-sela proses penyemprotan disinfektan, Jumat (27/3/2020).

Dijelaskannya, selain proses penyemprotan cairan disinfektan, Pemerintah Kelurahan Kinilow tak henti-hentinya menghimbau dan mengingatkan warga agar tetap menjalankan isolasi mandiri, menerapkan social distancing, menghindari kontak langsung dan tidak beraktifitas dengan melibatkan banyak orang, serta tetap berprilaku sehat dengan rajin mencuci tangan. Hal terpenting juga kata dia, pemerintah kelurahan tetap berkoordinasi dengan pihak terkait dalam hal tim penanganan Covid-19 dalam mendata dan memantau warga yang baru datang dari luar daerah.

“Untuk memerangi pandemi virus Corona COVID-19, aparat keamanan, pemerintah, tenaga medis dan seluruh masyarakat serta pihak lainnya harus kompak. Jika tidak kompak, maka segala upaya untuk mengatasi pandemi ini akan sulit dilakukan,” tuturnya.

Menyentil kebijakan melakukan penyemprotan disinfektan seorang diri, Lurah Rendra mengakui  jika kebijakan yang ditempuhnya sesuai dengan strategi penanganan virus corona. Mengapa saya tidak melibatkan seluruh elemen perangkat kelurahan dan hanya memilih menangani sendiri proses penyemprotan disinfektan? Karena, proses pelayanan kepemerintahan kepada masyarakat harus tetap jalan. Dan itu kami terapkan dengan cara melakukan pembagian jadwal bertugas yang harus dijalankan staff perangkat kelurahan sesuai tupoksi masing-masing. Ini juga sekaligus mengindari kerumunan saat warga membutuhkan pelayanan administrasi kepemerintahan di kantor kelurahan,” pungkasnya, sembari mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Kinilow yang tetap kompak bersama Pemerintah Kelurahan dalam menyikapi pandemi virus corona COVID-19 ini. (Jeffrie Montolalu)

 

 

 

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================