Pemkab Akan Buka Kembali Pasar Tondano

MINAHASA, beritanusantara.co.id – Operasional pasar Tondano akan kembali dibuka setiap hari. Hal itu disampaikan Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa Denny Mangala, Jumat (5/6/2020).

Sebelumnya, sejak Pandemi Covid-19, pasar Tondano hanya dibuka dua kali dalam sepekan yakni Senin dan Kamis. Penerapan tersebut dimaksudkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Namun akibat dibuka hanya 2 kali dalam seminggu, membuat pengunjung pasar justru membludak dan tidak lagi memperhatikan protap pencegahan Covid 19.

“Mulai hari Senin tanggal 8 Juni 2020 oprasional-aktivitas di Pasar Tondano akan dibuka kembali setiap harinya, dan sebelum dibuka, Dinas Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa akan melakukan penyemprotan Disinfektan pada pukul 05.00 wita subuh di seputaran pasar, ” Ujarnya.

Dikatakan Mangala, dibukanya tiap hari pasar Tondano akan diterapkan aturan yang ketat dimana para pedagang/penjual akan diberlakukan Nomor Ganjil dan Nomor Genap untuk berdagang, dimana setiap pedagang pemilik lapak akan mendapatkan satu nomor dalam aktifitas dagangannya, serta diwajibkan menggunakan masker bagi pedagang maupun pembeli sesuai dengan protokol Kesehatan Penanganan Covid-19, dan untuk akses keluar masuk pasar akan diberlakukan dua pintu guna mengurangi antrian yang panjang selama aktivitas pasar berlangsung.

“Akan ditata dengan ketat pedagang akan mendapat nomor ganjil atau genap untuk bisa berjualan. Dan yang paling penting protokol kesehatan Covid 19 akan tetap diberlakukan ,” tukasnya.