Pemkab Sangihe Gelar Apel Bersama

SANGIHE, beritanusantara.co.id-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe menggelar Apel Kerja Bersama, sekaligus memperingati hari lingkungan hidup sedunia, Senin (10/6) di Papanuhung Santiago Tampungang Lawo.

Hadir pada apel tersebut Wakil Bupati (Wabup) Helmud Hontong SE, Sekretaris Daerah (Sekda) Edwin Roring SE, Pimpinan OPD, peserta ASN dilingkup Pemkab Sangihe.

Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME membawakan Amanat Kementrian Lingkungan Hidup RI Sity Nurbaya Bakar mengatakan, hari ini masih memiliki kesempatan dan kekuatan dalam menjalankan pengabdian di tempat tugas masing-masing, peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun ini ditandai dengan peringatan dari World health organization (WHO), tentang salah satu ancaman terbesar terhadap kesehatan manusia yaitu polusi udara.

“Yang mana setiap tahun 7 juta orang meninggal karena polusi udara, di seluruh dunia tercatat bahwa 9 dari 10 orang terpapar pencemaran udara yang berasal dari kendaraan bermotor, industri, pertanian dan pembakaran sampah. Sehingga tidak heran jika United Nations environment mengangkat tema kendalikan polusi udara yaitu biru langitku hijau Bumiku,” kata Gaghana.

Bupati menjelaskan, mengapa menggunakan tema tersebut, karena ternyata tema biru langit yang menggambarkan upaya untuk mengendalikan polusi udara sangat berkaitan dengan upaya untuk menata bumi menjadi lebih hijau.

“Untuk mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor maka upaya-upaya untuk membuat kota menjadi hijau yaitu dengan memperbanyak taman kota, membangun trotoar untuk pejalan kaki, membangun jalur bersepeda dan fasilitas Stasiun yang bersih,”ujar Gaghana. (allen)