Pemkot Tomohon, KPU Dan Bawaslu Tandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE AK CA menghadiri Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemerintah Kota Tomohon dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kota Tomohon. Bertempat di Ruang Rapat BPKPD Kota Tomohon, Senin (14/10/2019).

Walikota Jimmy Eman mengatakan penandatanganan NPHD ini dilaksanakan dengan memedomani Permendagri RI No 54 tahun 2019 tentang pendanaan kegiatan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah dan surat edaran Mendagri RI No 900/9629/SJ tentang pendanaan Kegiatan Pemilihan Bupati/Walikota Tahun 2020.

Pemerintah Kota Tomohon mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan Pemilukada ini baik pada perubahan APBD tahun anggaran 2019, maupun pada APBD tahun anggaran 2020 nanti.

Penganggaran tertata dalam APBD Induk Tahun 2020 yakni Anggaran untuk KPU Kota Tomohon dan Anggaran untuk Bawaslu Kota Tomohon.

“Pendanaan kegiatan pemilihan ini harus mengikuti dan dilaksanakan melalui tahapan pengelolaan dana kegiatan pemilihan, yaitu (1) Penganggaran; (2) Pelaksanaan dan Penatausahaan; (3) Pelaporan dan (4) Pertanggungjawaban” Kata Walikota

Ketua KPU Tomohon Drs Haryanto Lasut menguacapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tomohon atas Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Anggota Bawaslu  Provinsi Supriyadi Pangelu SH juga mengatakan penandatanganan ini adalah momen bersejarah meskipun melalui dinamika dan  tuntunan kasih Tuhan maka patutlah kita bersyukur.

Harapannya dengan adanya Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemerintah Kota Tomohon dengan KPU Tomohon dan Bawaslu Kota Tomohon maka pelaksanaan pemilihan kepala daerah yakni Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut serta Walikota dan Wakil Walikota Tomohon dapat terlaksana dengan baik dan jurdil.

Hadir pula pada penandatangan NPHD ini, Ketua KPU Kota Tomohon Drs Haryanto Lasut bersama para komisioner, Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Supriyadi Pangelu SH, Ketua Bawaslu Kota Tomohon Deisy Soputan SPd MHum dan para anggota, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc MTh, Kepala BPKPD Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi, jajaran pemerintah Kota Tomohon dan hadirin undangan. (SLY)

============================================================================== ******************* beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================