Pemkot Tomohon Study Tiru Ke DI Yogyakarta

YOGYAKARTA, beritanusantara.co.id – Pemerintah Kota Tomohon melaksanakn Study Tiru ke Pemerintah Kota Daerah Istimewa Yogyakarta. Rombongan diterima di ruang rapat Bima kantor Walikota Yogyakarta, Selasa (8/10/2019).

Study tiru ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk meniru apa yg telah di terapkan di Kota Yogyakarta antara lain, penilaian tentang e-kinerja, sakip, anjab, PMPRB (Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi) dan yang lainnya.

Asisten Administrasi Umum Dra Lily Solang MM dengan peserta sebanyak 52 orang, memaparkan selayang pandang Kota Tomohon tentang potensi investasi, pariwisata, pemerintahan dan perdagangan.

Rombongan diterima staf ahli Walikota Yogyakarta bidang Kesra Bapak Wirawan Harto Yudho SH MM mengatakan keistimewaan Yogyakarta dari kota pendidikan dan kepariwisataan yang terkenal. Ia juga memuji Kota Tomohon. “Kota Tomohon indah dan diapit dua gunung dan, penduduknya ramah, karena saya pernah ke Tomohon” Katanya.

Kami sangat senang menerima kunjungan ini, dan walikota Yogyakarta mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini. Nantinya Kita sharing tentang praktek-praktek yang terbaik bagi kemajuan bersama.

Kota Yogyakarta memiliki Potensi 163 pantai dan Potensi pendidikan dan pariwisata tersebar  di 14 Kecamatan. Luas jogya 35,5 km persegi 417 ribu penduduk.apbd 2,7 Triliun, pad 650 milyar.

Kota Yogyakarta merayakan hut ke 263 pada 7/10/29  dengan perayaan rangkaian kegiatan selama sebulan. Reformasi birokrasi sejak 2015 assesor, agent of change, pola pikir budaya kerja, telah diterapkan.

Merit sistem diterapkan secara bertahap dan nama jabatan telah ditetapkan tidak lagi ada nama   jabatan staf di Yogyakarta..

Pada sesi tanya jawab, sek BKPSDM menanyakan tentang merit sistem, sementara Sekretaris Inpsrktorat menayakan tentang Reformasi Birokrasi, Anjab dan SK. dan dijelaskan bahwa Reformasi Birokrasi DI Yogyakarta sejak tahun 2010, Tim assesor telah disusun 10 Perangkat Daerah Anjab di tempat ini sudah SK Walikota.

Selanjutnya pada hari berikutnya Rabu 9/10/19 Rombongan menuju ke lokus kegiatan yakni di kantor Inspektorat dan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Yogyakarta yang di pimpin Asisten Administrasi Umum Dra Lily Solang di Badan Kepegawaian dan di Pimpin Kabag Organisasi Harny Korompis SE di Kantor Inspektorat Kota Yogyakarta.

Mudah-mudahan bermanfaat banyak bagi pemerintah Kota Tomohon kata narasumber dari zInspektorat dan Badan Kepegawaian .

Hadir pada kunjungan study tiru ini, Kabag Umum, para Sekretaris, Kasubag, Bendahara dan operator. (SLY)

============================================================================== ******************* beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================