Penyerahan Ambulance Untuk Empat Puskesmas Menunggu Proses Administrasi Selesai

SANGIHE, beritanusantara.co.id – Sebanyak empat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Sangihe kebagian masing-masing satu unit ambulance baru. Hal ini dikatakan kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dr. Handry Pasandaran saat ditemui wartawan beritanusantara.co.id di ruang kerjanya, Kamis (4/8).

“Jadi untuk anggaran tahun 2022 ada empat puskesmas yang mendapatkan ambulance baru, diantaranya puskesmas manganitu, puskesmas kalasuge, puskesmas tahuna barat dan puskesmas nusa tabukan,”kata Pasandaran.

Untuk penyerahan unit ambulance ke puskesmas, Pasandaran menjelaskan masih menunngu proses serah terima PPKOM serta prosedur administrasi pengadaan barang dan jasa selesai.

“Kemarin sudah dilakukan pengecekan kelayakan, spesifikasi juga jumlah unit ambulance dari pihak PPKOM bersama pendamping dan juga dari pihak APIP Inspektorat,”jelasnya

Pasandaran juga mengungkapkan pihaknya akan berkoordinasi dengan satuan lalulintas polres sangihe, meminta petunjuk terkait plat nomor untuk kendaraan ambulance, karena diketahui bersama prosesnya bisa memakan waktu satu sampai dua bulan.

“Mungkin dapat disiasati kebijakan untuk plat nomor sementara, sehingga unit ambulance dapat segera diserahkan ke masing-masing puskesmas,”ungkap Pasandaran

Dirinya juga menambahkan untuk puskesmas yang belum kebagian unit ambulace baru, diharapkan dapat bersabar untuk pengadaan tahun 2024, sebab untuk pengadaan tahun 2023 penyusunan anggaran sudah closing tidak dapat dibuka lagi.

“Walaupun sudah menyurat ke Dinkes, ada beberapa puskesmas yang terlambat updating data pada sistem Aplikasi Sarana Dan Alat Kesehatan (Aspak) terkait kondisi kendaraan ambulance. Namun untuk kondisi hingga saat ini semua puskesmas mempunyai ambulance,”tutup Pasandaran.

(allen)