Penyerahan Lokasi Kepada Warga KAT Kabupaten Sangihe Oleh Dinsos Provinsi Sulut

SANGIHE, beritanusantara.co.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, melalui Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sulawesi utara melaksanakan Penyerahan Lokasi Pemberdayaan bagi Warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) Kabupaten Kepulauan Sangihe, di Ruang Serbaguna Rumah Jabatan Bupati, Selasa (10/12).

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara, Dr. Rinny Silangen Tumuntuan, mengatakan Pemberdayaan warga Komunitas Adat Terpencil, mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat, dimana komitmen tersebut merupakan upaya menaikan taraf hidup dan kesejahteraan melalui rangkaian kegiatan pemberdayaan KAT.

“Tentunya, pemerintah pusat dan pemerintah daerah bertanggung jawab terhadap pemasalahan maupun setiap kegiatan pemberdayaan sosial KAT, yang dilakukan secara komprehensif, terencana, terukur, terpada, sinergi, dan terkoordinasi,”Ujar Tumuntuan

Lanjut disampaikannya, peran kelompok kerja (Pokja) pemberdayaan KAT di Kabupaten Sangihe, diharapkan agar lebih terfokus dan bersinegri dalam memprogramkan berbagai kegiatan pada lokasi-lokasi pemberdayaan KAT yang sudah ada, sehingga kesejahteraan warga KAT dapat terwujud.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur, karena dengan adanya penyerahan lokasi yang tadinya diserahkan ke Pemerintah Pusat, dalam dua tahun ini sudah diserahkan kembali menjadi hak warga KAT.

“Ini merupakan perhatian pemerintah yang mengfasilitasi kebutuhan real yang ada di daerah terpencil, secara khusus Kabupaten Sangihe, dan tentunya kita perlu berterima kasih kepada Bapak Presiden RI, dan Gubernur Provinsi Sulut, dimana progam-program yang kita usul terkait kebutuhan dasar masyarakat sangihe, telah mendapat perhatian serius,”kata Gaghana.

Gaghana menuturkan terhadap kegiatan pemberdayaan KAT, dengan adanya fasilitas yang memadai, seperti permukiman dan rumah-rumah yang layak, kiranya dapat mendorong semangat kerja masyarakat.

“Kita berharap, bersama dengan pemerintah kampung, dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan kerja keras, muda-mudahan dapat berdampak baik dalam kerangka mengfasilitasi hal-hal yang menjadi kebutuhan masyarakat Sangihe,” Tutup Gaghana.

Pada kegiatan penyerahan tersebut, dihadiri oleh utusan Kementrian Sosial RI, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sangihe bersama jajaran, Utusan Warga Komunitas Adat Terpencil Kabupaten Sangihe. (allen)

============================================================================== ******************* beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================