Perempuan Manado Pertama Peraih Milinenium Golden Award di Geneva Swiss

Sonya Selviana Kembuan Owner Nyiur Trans

MANADO, beritanusantara.co.id – Sosok kesuksesan pengusaha perempuan Manado berdarah Minahasa, Ir. Sonya Selviana Kembuan (SSK), yang sukses berkiprah di Ibukota Jakarta dan mancanegara, dibuktikan dengan meraih penghargaan New Milenium Award di Geneva Swiss untuk kategori 25 th Golden Award for Tecnology and Quality Management, pada bulan Maret 2004.

SSK Peduli Pendidikan Ketika Sedang Berkunjung ke Papua

Sonya pemilik usaha transportasi darat antar kota Nyiur Trans ini bertutur, menyandang penghargaan dunia internasional bukan hal yang gampang, sebab penilaian secara kualitatif benar-benar dilaksanakan, apalagi seluruh penilaian ini oleh orang-orang Eropah yang sangat teliti.

“Walaupun awalnya sempat grogi, namun itulah penilaian yang objektif dari pemberi penghargaan, dan ini adalah pemicu bagi saya untuk lebih bersemangat dalam melaksanakan usaha dan membina jaringan bisnis,” ungkap SSK pebisnis kelahiran September 53 tahun silam, yang saat ini sering meninggalkan tanah air dalam berbisnis.

Ingin berkiprah dalam kepemimpinan Kota Manado, Sonya Kembuan yang berpengalaman memimpin empat perusahaan mengungkapkan, dirinya perlu membantu memoderenisasi kota Manado, dengan membenahi pendidikan, mengangkat kesejahteraan masyarakat tanpa meninggalkan identitas dan budaya yang sudah ada sebagai kearifan lokal.

“Membuat kota Manado menjadi Maju dan Moderen adalah komitmen, dan harus diwujudkan oleh seorang pemimpin kota yakni Walikota. Berbagai potensi yang ada dan saat ini belum maksimal diantaranya, sector Pariwisata yang ditunjang oleh adat dan budaya, penguatan pertanian terutama dibagian hilir yakni peluang kota Manado sebagai Sentra Perdagangan hasil pertanian, yang selama ini masih sangat tergantung pada daerah lain, serta pemberdayaan perekonomian rakyat dengan pengembagan sektor usaha mikro dan koperasi,” kata Alumni fakultas Pertanian Unsrat Manado ini.

Berbagi pengalaman sukses di luar daerah, adalah kerinduan SSK mewujudkan kota Manado sebagai kota Moderen, Maju dan Mandiri, tanpa meninggalkan ciri khas dan kearifan lokal yang sudah ada dan berkembang di masyarakat.

“Sebagai orang dan pernah berdomisili lama di Manado, tentu saya berkerinduan untuk membangun kota tercinta ini dengan mengadopsi konsep-konsep keberhasilan pembangunan di kota dan daerah lain yang telah saya kunjungi, sebab dengan berkomitmen memimpin dengan baik, tentu tujuan yang baik juga akan terwujud dengan dukungan semua pihak, terutama masyarakat kota Manado,” jelas Kembuan yang berencana masuk dalam bursa calon Walikota Manado tahun 2020-2025 yang tahapannya bergulir pada penghujung 2019 ini. (mt)

INILAH SEKILAS TENTANG SSK

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================