Peringatan Hari Pahlawan Pemkab Minut di TMP Maria Walanda Maramis

KALAWAT, beritanusantara.co.id – Peringatan Hari Pahlawan jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Sabtu (10/11/2018) dilaksanakan dengan menggelar upacara kenegaraan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Maria Walanda Maramis (MWM) di Desa Maumbi Kecamatan Kalawat. Dalam upacara kenegaraan bertindak sebagai inspektur upacara Dandim 1310 Bitung Letkol Inf. Kusnandar Hidayat SSos yang membacakan pidato Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita MSi dan Komandan upacara Danamil 1310-04 Dimembe Kapten Inf. M Takumansang.

Sekda Ir Jemmy Hengki Kuhu MA mewakili Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan (VAP) menyebutkan selang 15 tahun sejak Minut berdiri upacara peringatan Hari Pahlawan adalah kali pertama dilaksanakan di TMP MWM.“Ini adalah kali pertaman Pemkab Minut melaksanakan upacara peringatan hari pahlawan di TMP MWM. Hal ini dimaksudkan untuk lebih mendekatkan warga dalam menghayati jasa pahlawan terutama ibu Maria Walanda Maramis Pahlawan Nasional yang berasal dari Minut,” beber Kuhu.

Lebih jauh dikatakan Kuhu, kita sebagai warga negara harus menghargai perjuangan para pahlawan yang sudah berjuang sebelum kita dengan menjadi pahlawan masa kini di bidang kerja kita masing-masing.”Caranya kita harus punya kepedulian terhadap sesama dan peka terhadap kondisi sosial. Kita berlomba dengan baik untuk ikut membangun bangsa. Terkait sosok Maria Walanda Maramis yang disegani yang berjuang di bidang politik dan pendidikan, dapat dijadikan motivasi bagi warga,” pesan Kuhu.

Dandim 1310 Bitung Letkol Inf. Kusnandar Hidayat SSos saat membacakan pidato Menteri Sosial mengatakan prosesi peringatan Hari Pahlawan ini dilaksanakan serentak di seluruh Insonesia bahkan di luar negeri dengan mengheningkan cipta selama 60 detik. ”Hal ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan Negara di hati sanubari bangsa Indonesia,” tukas Dandim Kusnandar mengutip pidato Menteri Sosial.

Ketua DPRD Berty Kapojos SSos Minut mengaku bangga upacara Hari Pahlawan dilaksanakan di TMP MWM.“Hal ini merupakan suatu kehormatan dimana upacara kenegaraan dilaksanakan di TMP. Karena biasanya kita hanya merayakan Hari Pahlawan di Pemkab kemudian melakukan ziarah, tapi kali ini pemkab benar-benar telah menunjukan penghargaannya terhadap pahlawan,” tukas Kapojos.

Hukum Tua Desa Maumbi, Jemmy Kalengkongan, yang mengapresiasi terhadap kepedulian Pemkab Minut yang telah melaksanakan upacara Hari Pahlawan di desanya. Hal ini, menurut Kalengkongan menunjukan Pemkab sangat menghargai nilai juang Pahlawan Nasional MWM yang berasal dari Desa Maumbi.“Terima kasih kepada Pemkab Minut yang telah melaksanakan upacara di desa kami, hal ini tentunya memotivasi warga desa untuk terus ikut bersinergis dengan pemerintah membangun daerah,” tukas Kumtua Kalengkongan.

Hadir dalam upacara ini Kapolres Minut AKBP Alfaris Patiwael SIK MH, Kakandepag Minut Aneke Purukan, perwakilan keluarga MWM, para kepala OPD, Camat, dan undangan lainnya. Peserta upacara terdiri dari unsur TNI, Polri, Satpol-PP Minut, Dinas Perhubungan dan pelajar SMP, SMA.(mt/adv)