Pesawat Lion Air Rute Jakarta-Pangkal Pinang Hilang Kontak dan Jatuh

JAKARTA, beritanusantara.co.id – Musibah tragis dialami pesawat Lion Air rute Jakarta-Pangkal Pinang dengan nomor penerbangan JT 610. Pesawat yang lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 06.20 WIB Senin (29/10/2018) hilang kontak dan jatuh di utara laut Jawa.

Berdasarkan rangkuman informasi yang diterima beritanusantara.co.id, Pesawat Lion Air C/S PK-LQP FLIGHT JT-610 rute  Jakarta – Pangkal Pinang take off pukul 06.20 WIB dan kontak hilang kontak 06.33 WIB. Selanjutnya, pada pukul 07.10 WIB KANSAR Jakarta menerima informasi dari VTS Tj. Priok, bahwa Tug Boat AS Jaya 11 melihat  pesawat Lion Air 610 JATUH. Saat itu, posisi Tug Boat berada di koordinat 05º 49.727 S – 107º 07.460 E (heading 40º timur laut).

Hilang kontaknya pesawat Lion Air tersebut dibenarkan oleh Direktur UmumIon Group Edward Sirait. “Benar kami kehilangan kontak sejak terbang jam 6.00 WIB dari Cengkareng,” ujar Edward Sirait sebagaimana dilansir dari Liputan6.com.

Sementara itu, sebagaimana diberitakan Kompas.com pesawat Lion Air diinformasikan terlihat jatuh di dekat fasilitas anak usaha PT Pertamina (Persero), Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ), yang berada di lepas pantai di utara Bekasi, Jawa Barat.
“Informasi dari lapangan, pesawat jatuh di lapangan Mike blok ONWJ, tapi masih jauh dari fasilitas anjungan kami,” kata VP Relations Pertamina Hulu Energi Ifki Sukarya.

Dari informasi terkini, sudah ada personel Satpol Air yang menuju ke lokasi jatuhnya pesawat. Pihak Pertamina Hulu Energi juga telah mengerahkan tim tanggap darurat untuk menuju ke lokasi. Badan SAR Nasional juga telah menurunkan tim evakuasi ke lokasi dugaan jatuhnya pesawat itu.

“Kami sedang ke lokasi, ke posisi diduga jatuhnya. Untuk pastinya, kami cek dulu di lapangan,” ujar Agus Heriono, Operasional Badan SAR Nasional.

Agus mengungkapkan Basarnas pertama kali mendapat informasi dari ATC Bandara Soekarno-Hatta. Setelah itu, Basarnas langsung mengerahkan personel dan kapal untuk mencari pesawat itu.

Diketahui, Pesawat Lion Air naas tersebut, sedianya akan tiba di Bandara Depati Amir pukul 07.20 WIB.(red)

Baca juga : Jatuh di Tanjung Karawang, Lion Air JT 610 bawa 181 penumpang dan tujuh kru