Prodi EBL Polimdo Gelar Program Sertifikasi Kompetensi dan Profesi Mahasiswa Vokasi

MANADO, beritanusantara.co.id Globalisasi teknologi yang melaju pesat, hanya dapat diimbangi dengan ketersediaan Sumber Daya Manusia yang baik. Untuk memenuhi tuntutan itu, Program Studi Ekowisata Bawah Laut (Prody EBL) Politeknik Negeri Manado (Polimdo) menggelar Pelatihan Sertifikasi Kompetensi dan Profesi Mahasiswa Vokasi.

Giat pelatihan yang sangat penting itu, seperti yang telah mulai dilaksanakan di kampus Prodi EBL, Senin (19/10/2020) dan mengakomodir 11 mahasiswa sebagai peserta. Pelatihan yang akan dilangsungkan selama empat hari tersebut digelar dan ditangani langsung para  tenaga ahli dan dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P-1 Polimdo, diantaranya Susi Marentek, SE.M.SA selaku ketua LSP Polimdo dan Dr Joscian N.W. Schaduw, S.IK, M.Si. Kegiatan ini juga digelar atas kerjasama dengan Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) Sulut.

Dannie R.S Oroh, S.Pi. M.Si selaku ketua panitia pelaksana menjelaskan, Sertifikat kompetensi merupakan satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa perguruan tinggi vokasi atau politeknik, saat masuk ke dunia industri.

“Dengan sertifikat kompetensi ini maka lulusan politeknik menjadi mudah dalam mendapatkan pekerjaan karena dia sudah diuji dan sudah bisa membuktikan kalau dia itu mempunyai kompetensi yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja dan industri. Lulusan politeknik minimum mempunyai satu sertifikat kompetensi,” ujar Dannie.

Sementara itu, Ketua Jurusan Pariwisata Polimdo Oktavianus Lintong,S.Pi, M.Si menambahkan bahwa program sertifikasi kompetensi merupakan bagian dari program revitalisasi pendidikan tinggi vokasi Kemendikbud.

 “Pelatihan Sertifikasi Kompetensi dan Profesi Mahasiswa Vokasi yang digelar ini merupakan angkatan pertama. Lewat kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki daya saing sebagaimana amanah Undang – Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.(Jeffrie. R.M)