Program Pemkab Minahasa kurung waktu setahun dibahas bersama Wartawan 

MINAHASA,beritanusantara.co.id – Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa, menggelar kegiatan Tatap Muka antara Wartawan Biro Minahasa dengan Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi (ROR-RD), Selasa (24/09) siang, bertempat di The Light Coffee and Kitchen Togela Tondano.

Dialog terbuka dalam rangka “Satu Tahun Kepemimpinan ROR-RD” ini, sejumlah program dan isu yang berkembang di Kabupaten Minahasa di bawah Perintahan ROR-RD pun dibahas. Bupati ROR mengawali dengan paparan sejumlah Program RR-RD, yang terangkum dalam Visi Misi RR-RD yakni, “Minahasa Maju Dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat, Adil dan Sejahtera”.

Para Wartawan kemudian dalam sesi dialog diberi ruang untuk bertanya bahkan memberikan masukan seputaran pemerintahan, pendidikan, pembangunan, kesehatan, sosial, pariwisata dan kemasyarakatan, yang di jabarkan dalam 22 Program Unggulan RR-RD.

22 Kegiatan Unggulan dimaksud adalah, pertama dibidang Pendidikan yakni, Pembangunan Sarana Prasarana Pendidikan, Memperkuat Kompetensi Guru (a.l bantuan studi), Selain Bebas biaya sekolah, juga Bantuan Seragam, Sepatu dan Tas untuk Siswa Baru kelas 1 SD & 1 SMP.

Di bidang Kesehatan meliputi, Meningkatkan Kualitas Pelayanan Seluruh Puskesmas (BPJS Gratis), Pengadaan Satu unit Ambulance di Setiap Kecamatan, Pembangunan Rumah Layak Huni dan peningkatan Kualitas Rumah Tinggal Keluarga Miskin.

Di bidang Pembangunan Fasilitas Publik yaitu, Peningkatan infrastrutur Jalan dan Jembatan, Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Membangun Fasilitas Pariwisata Di sekitar Danau Tondano serta Pantai Timur dan Pantai Barat, Pemberian Bantuan Usaha Pertanian, Perkebunan dan Perikanan. Peningkatan Sarana dan Prasarana Olahraga di Desa-desa, Pemberian Bantuan Untuk Peningkatan Sarana Peribadatan, Pemekaran Langowan dan Minahasa Barat.

Di bidang Sosial meliputi, Peningkatan Kerjasama Pembangunan Dengan Elemen Masyarakat termasuk pemberian Insentif Khusus untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Bantuan Kesehatan Untuk Penduduk Lanjut Usia, Bantuan Dana Duka.

Di bidang Aparatur Pemerintahan meliputi, Mendorong Profesionalutas Pegawai Negeri Sipil/ASN, Peningkatan Kesejahteraan dan Pemberian Bantuan Studi Lanjut Untuk Pegawai Negeri Sipil. Peningkatan Kesehahteraan Aparat Desa dan Penghargaan Bagi Aparatur Desa Berprestasi.

Di bidang Kemasyarakatan yakni, Dialog Terbuka dengan Masyarakat secara periodik, Menjamin Keamanan, Ketertiban, Kenyamanan Hidup dan Berusaha di Seluruh Wilayah Minahasa, Mendorong Penguatan Karakter dan Budaya Minahasa dengan Prinsip MAPALUS dan SITOU TIMOU TUMUO TOU. Pembentukan Unit Reaksi-Respons-Relief Daerah (R3D) Minahasa.

Sesi dialog yang dituntun Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Dr Denny Mangala MSi ini, secara bergantian Bupati ROR dan Wabup RD menanggapi setiap pertanyaan maupun masukan para Wartawan.

Sebelumnya, Tatap Muka ini diawali dengan lapotan kegiatan oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Maya Kainde SH, dan juga dihadi Sekretaris Daerah Minahasa Frits Muntu SSos.

============================================================================== ******************* beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================