Sambut Aspirasi Aktivis Lingkungan, MOR : Mari Jadikan Sungai Selayaknya Teras Rumah Depan

MANADO, beritanusantara.co.id Gencarnya kalangan pegiat lingkungan mendesak agar kontestan Pilkada memberikan perhatian yang serius pada sektor lingkungan, disambut baik calon Wali Kota Manado, Mor Dominus Bastiaan (MOR). Aspirasi itupun telah ditindaklanjutinya dengan menggemakan semangat untuk menjadikan sungai selayaknya teras rumah depan.

Menurut MOR, Sungai atau kuala adalah salah satu pusat ekologi yang dimiliki Sulut terlebih khusus Kota Manado. Karenanya sangat penting untuk menjaga agar wilayah Daerah Aliran Sungai agar tetap bersih dan rapih, guna menjaga nilai-nilai ekologinya. Selain itu, dengan penataan dan perlakuan yang baik, sungai akan sangat bermafaat bagi Kota Manado, semisal menjadi pusat peneitian, pariwisata dan lainnya yang terkait dengan peningkatan perekonomian rakyat


“Tugas itu adalah tanggung-jawab bersama, karenanya mari tetap menjaganya dan menjadikan sungai sebagai halaman depan rumah kita. Artinya, dengan menganggap kuala sebagai halaman depan maka akan dijaga tetap rapih dan bersih,” ujar MOR.

Tak hanya sebatas kata-kata, sebab selaras dengan seruan itu aksi kepedulian terhadap sungai ternyata telah dipaktekkan secara nyata di lapangan. Itu sebagaimana aksi turun langsung menantang derasnya arus sungai yang dilakukan Mor bersama Istrinya Imelda Markus guna membersihkan sampah yang ada di dalamnya, lewat giat Susur dan Sapu Kuala di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kuala Mahawu, beberapa waktu lalu, bersama 275 warga dari 20 Organisasi Pencinta Alam dan Pegiat Lingkungan yang tergabung dalam kelompok TAMANGBAE LINGKUNGAN. Hasilnya, 150 kilogram sampah berhasil diangkat dari sungai tersebut.


Dedikasi MOR dan istrinya yang peduli lingkungan mendapat apresiasi dari kelompok TamangBae Lingkungan, digagas oleh beberapa pegiat lingkungan di Manado untuk bergiat bersama dalam upaya pelestarian alam dan lingkungan di Manado.

“Ini bukti betapa pedulinya pak Mor Bastiaan terhadap kuala-kuala di kota Manado. Pak MOR telah menyemangati kami generasi muda untuk selalu peduli terhadap kuala di kota Manado. Dan kami tahu kalau selama ini cukup concern pada masalah-masalah lingkungan di kota Manado,” tandas Koordinator TamangBae Lingkungan Denny Taroreh.(*)