Satu Tahun Kepemimpinan ROR-RD Dirayakan Sederhana Dalam Ibadah Syukur

Advetorial:MINAHASA,beritanusantara.co.id– Hari ini, 25 September tahun 2019, Kepemimpinan Ir Royke Oktavian Roring MSi dan Robby Dondokambey SSi (ROR-RD), genap setahun memimpin Kabupaten Minahasa sebagai Bupati dan Wakil Bupati.

Merayakan Satu Tahun Kepemimpinan ROR-RD ini, tak ada pesta perayaan. Keduanya lebih memilih merayakannya secara sederhana dalam Ibadah Syukur bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, Rabu (25/09) pagi, bertempat di GMIM Sentrum Tondano. Ibadah ini dipimpin Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM Pdt DR Hein Arina.

Meski baru setahun, prestasi ROR-RD dalam mensejahterahkan masyarakat Minahasa, sangat terasa. Implementasi 22 Kegiatan Unggulan di bidang Pendidikan, Kesehatan, Pembangunan Fasilitas Publik, Sosial, Aparatur Pemerintahan, dan Kemasyarakatan, sebagai penjabaran dari Visi dan Misi “Minahasa Maju Dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat, Adil dan Sejahtera”, mulai dirasakan langsung oleh masyarakat.

Sebagai contoh, di bidang Kesehatan, mulai dari pemberian BPJS Kesehatan Gratis untuk Fasilitas Kesehatan tingkat pertama atau kelas III bagi seluruh masyarakat, hingga pembangunan Rumah Tinggal Layak Huni dan peningkatan Kualitas Rumah Tinggal Keluarga Miskin.

Kemudian di bidang Sosial yakni pemberian insentif kepada tokoh agama dan pemberian bantuan dana duka dan pemberian bantuan bagi korban kebakaran rumah maupun musibah lain yang menyebabkan kerusakan parah. Lalu di bidang Pendidikan, pemberian seragam sekolah kepada anak kelas I SD dan SMP yang baru masuk sekolah, yang saat ini sementara proses dan akan disalurkan dalam waktu dekat.

22 Kegiatan Unggulan yang sudah dan sementara diralisasikan tersebut yakni, pertama dibidang Pendidika, Pembangunan Sarana Prasarana Pendidikan, Memperkuat Kompetensi Guru (a.l bantuan studi), Selain Bebas biaya sekolah, juga Bantuan Seragam, Sepatu dan Tas untuk Siswa Baru kelas 1 SD & 1 SMP.

Di bidang Kesehatan meliputi, Meningkatkan Kualitas Pelayanan Seluruh Puskesmas (BPJS Gratis), Pengadaan Satu unit Ambulance di Setiap Kecamatan, Pembangunan Rumah Layak Huni dan peningkatan Kualitas Rumah Tinggal Keluarga Miskin.

Di bidang Pembangunan Fasilitas Publik yaitu, Peningkatan infrastrutur Jalan dan Jembatan, Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Membangun Fasilitas Pariwisata Di sekitar Danau Tondano serta Pantai Timur dan Pantai Barat, Pemberian Bantuan Usaha Pertanian, Perkebunan dan Perikanan. Peningkatan Sarana dan Prasarana Olahraga di Desa-desa, Pemberian Bantuan Untuk Peningkatan Sarana Peribadatan, Pemekaran Langowan dan Minahasa Barat.

Di bidang Sosial meliputi, Peningkatan Kerjasama Pembangunan Dengan Elemen Masyarakat termasuk pemberian Insentif Khusus untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Bantuan Kesehatan Untuk Penduduk Lanjut Usia, Bantuan Dana Duka. Di bidang Aparatur Pemerintahan meliputi, Mendorong Profesionalutas Pegawai Negeri Sipil/ASN, Peningkatan Kesejahteraan dan Pemberian Bantuan Studi Lanjut Untuk Pegawai Negeri Sipil. Peningkatan Kesehahteraan Aparat Desa dan Penghargaan Bagi Aparatur Desa Berprestasi.

Di bidang Kemasyarakatan yakni, Dialog Terbuka dengan Masyarakat secara periodik, Menjamin Keamanan, Ketertiban, Kenyamanan Hidup dan Berusaha di Seluruh Wilayah Minahasa, Mendorong Penguatan Karakter dan Budaya Minahasa dengan Prinsip MAPALUS dan SITOU TIMOU TUMUO TOU. Pembentukan Unit Reaksi-Respons-Relief Daerah (R3D) Minahasa.

Sementara, dalam ibadah syukur, juga dilakukan penyerahan bantuan untuk Panti Sosial Trisna Werda (PSTW) Debora sebanyak 50 Lansia dengan total bantuan Rp 60 juta. PSTW Ina 1 sebanyak 35 Lansia dengan total Rp 42 juta, PSTW Yakobus Peduli sebanyak 20 Lansia sebesar Rp 24 juta. PSTW Pengasih sebanyak 60 Lansia sebesar Rp 72 juta, PSTW El shaday sebanyak 40 Lansia sebesar Rp 48 juta, PSTW Masawangan sebanyak 50 Lansia sebesar Rp 60 juta. Selain itu ada juga bantuan untuk Lansia perorangan sebanyak 121 Orang, dengan penerima simbolis sebesar Rp 1.200.000 per orang. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU Perjanjian Pinjaman Daerah antara PT Bank Sulutgo dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Bupati ROR dalam sambutan didampingi Wabup RD menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang didalamnya Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Minahasa, jajaran Pemerintahan dan seluruh Hamba-hamba Tuhan yang selama ini sudah menopang tugas dan mendoakan kepemimpinan mereka.

Ibadah turut dihadiri Direktur Bank Sulut-Go Jeffry A M Dendeng, Plh Kajari Minahasa Fien Ering SH MH, Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw SE, Kepala Kantor Kementerian Agama Sonya Mongka SE, Kepala BPN Minahasa Remilin Sinurat, Sekretaris Daerah Minahasa Frits Muntu SSos, Ketua TP PKK Minahasa Dra Fenny Ch MRoring Lumanauw SIP, Wakil Ketua TP-PKK Minahasa Martina Dondokambey Lengkong, para Anggota DPRD Minahasa, FKUB Minahasa dan jajaran Pemkab Minahasa.(Jeffree Uno)  “MINAHASA HEBAT”

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================