Sensus Penduduk Online, Tomohon Peringkat 1 Se-Sulut, 10 Besar Nasional

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Kota Tomohon kembali menorehkan prestasi yakni Peringkat 1 (satu) Se-Provinsi Sulawesi Utara dan masuk dalam 10 (sepuluh)  Besar pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) Online Tahun 2020 dengan capaian 75, 99%. Hal ini diasampaikan oleh Kepala BPS RI Dr Suhariyanto dan Kepala BPS Kota Tomohon Hirsfeld Manullang SSi MSi Pada kegiatan penyerahan piagam penghargaan Badan Pusat Satatistik Republik Indonesia (BPS-RI) terkait suksesnya pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) Online Kota Tomohon tahun 2020. Bertempat di Ruang Kerja Walikota Tomohon, Senin (27/7/2020)

Kepala BPS RI Dr Suhariyanto juga mengapresiasi Kota Tomohon atas prestasi ini, “Pencapaian ini mengharuskan BPS RI memberikan penghargaan dalam prestasi sebagai kota dengan target capaian respon rate yang melebihi target dalam pelaksanaan SP Online.” Kata Suhariyanto.

Selain itu, BPS Kota Tomohon juga memberikan penghargaan kepada Kelurahan-kelurahan yang target capaian respon ratenya melebihi target dalam pelaksanaan SP Online, yakni peringkat I Kelurahan Taratara III, peringkat II Kelurahan Rurukan I, peringkat III Kelurahan Pinaras.

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir  Harold V Lolowang MSc mengatakan, Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap respon penduduk yang ada di Kota Tomohon, yang berpartisipasi dalam pengisian Sensus Penduduk Online Tahun 2020. Pencapaian persentase response rate ini merupakan kabar gembira untuk seluruh masyarakat, yang membuktikan bahwa koordinasi, kolaborasi dan sosialisasi antara pemerintah Provinsi, pemerintah Kota, BPS Provinsi, BPS Kota Tomohon, terbukti berjalan dengan baik dan saling bahu membahu untuk menyukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020.

“Saya ucapkan terima kasih kepada BPS-RI yang sudah memberikan reward kepada Kota Tomohon. Sesuai yang kita lihat bukan hanya selembar kertas indah yang di figura, namun makna yang terlampirkan sangat tinggi dan luas dampaknya.” Ucap Lolowang.

Lanjutnya, Saya secara pribadi tentu mengucapkan selamat dan ucapan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon yang sangat mendukung sensus ini, dan sukses mendapatkan penghargaan, sehingga membuktikan bahwa rakyat Tomohon merupakan rakyat cerdas, patuh dan peduli.

Dikatakan pula bahwa kita harus pahami bersama bahwa akurasi data kependudukan merupakan kunci suksesnya pelaksanaan suatu program. Karena itu, pemerintah Kota Tomohon sejak awal berkomitmen mendukung kelancaran berbagai program sensus yang dilaksanakan badan pusat statistik.

“Saya menegaskan, bahwa sensus penduduk bukan hanya urusan Badan Pusat Statistik, tetapi urusan bersama semua pihak. Ini bukan hanya kepentingan BPS, tetapi kepentingan bersama, kepentingan semua pihak” Kata Sekkot.

Sekkot juga mengatakan bahwa terlaksananya sensus penduduk dengan hasil data yang bagus akan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan pemerintah, baik pusat, provinsi dan daerah. Kamipun mengajak semua pihak yang ada di kota tomohon untuk terus bersinergi dengan pemerintah Kota Tomohon

Hal ini memerlukan kepedulian bersama, karena target-target pembangunan akan lebih tepat lagi kalau sensus penduduk bisa sukses seperti saat ini. Kami pun mengharapkan kerjasama yang terjalin antara pemerintah Kota Tomohon dan Badan Pusat Statistik terus di tingkatkan, sehingga berbagai program yang telah ditetapkan pemerintah dapat diikuti oleh seluruh warga Kota Tomohon yang sudah menerapkan smart city.

“Oleh karena itu prestasi yang diraih saat ini kiranya akan mendorong BPS, untuk terus meningkatkan kapabilitasnya dan kamipun sebagai Pemerintah Kota Tomohon akan terus memberikan dukungan penuh bagi pelaksanaan program BPS yang ada di Provinsi Sulawesi Utara dan Kota Tomohon” Ucapnya.

Hadir pada kegiatan ini, Ketua Mako SP 2020 Kota Tomohon Herman Tinungki SE, Kepala Seksi Statistik Sosial Linda Oroh SE, hadir pula jajaran Pemerintah Kota Tomohon, para Camat dan Lurah yang mendapat piagam penghargaan. (SLY)