Signifikan, Kasus Positif Covid-19 Di Tomohon, Bertambah 48 Orang

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Kasus Covid-19 di kota Tomohon hari ini bertambah sangat signifikan. Dalam pers release Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tomohon Sabtu (11/7/2020) Berdasarkan informasi dari Gugus Tugas COVID-19 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, telah diumumkan bahwa kasus Pasien Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Kota Tomohon bertambah sebanyak 48 orang. Karenanya masyarakat Kota Tomohon dihimbau untuk lebih meningkatkan Kewaspadaan dan lebih mentaati imbauan pemerintah, dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sebelumnya informasi dari Gugus Tugas COVID-19 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, telah diumumkan bahwa kasus Pasien Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Kota Tomohon bertambah sebanyak 51 orang.

Namun setelah melalui serangkaian proses verifikasi data, ternyata ada kasus yang berasal dari luar wilayah Kota Tomohon sehingga kasus Pasien Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Kota Tomohon dilaporkan bertambah sebanyak 48 orang, yang terdiri dari 3 orang sebelumnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 44 orang kontak erat resiko tinggi, dan 1 orang telah meninggal dunia sebelumnya dengan status PDP.

Ke-48 Pasien Terkonfirmasi Positif COVID-19 yang baru ini tersebar di lima Kecamatan di Kota Tomohon yaitu 14 orang di Tomohon Utara, 5 orang di Tomohon Timur, 3 orang di Tomohon Tengah, 21 orang di Tomohon Barat, dan 5 orang di Tomohon Selatan. sehingga total jumlah kasus Pasien Terkonfirmasi Positif COVID-19 kini tercatat sebanyak 127 orang yaitu 26 kasus di Tomohon Utara, 13 kasus di Tomohon Timur, 22 kasus di Tomohon Tengah, 24 kasus di Tomohon Barat, dan 42 kasus di Tomohon Selatan.

Selain itu, sesuai data terkini penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Kota Tomohon adalah Pelaku perjalanan (PP) 1555 Orang, Orang dalam pemantauan (ODP) 24 Orang, Pasien dalam pengawasan (PDP)  19 orang dan Bukan PDP yakni pasien yang keluar dari RS dengan 2 kali swab tes negativ sebanyak 72 orang. Sementara pasien terkonfirmasi positiv sebanyak 127 orang dengan rincian 90 orang dirawat, sembuh 30 orang, meninggal dunia 7 orang.

Dari fakta ini, penularan COVID-19 melalui transmisi lokal masih terus terjadi, karenanya melalui Juru bicara Gugus Tugas Yelly Potuh SS, terus menghimbau seluruh masyarakat Kota Tomohon untuk tetap waspada, tetap mentaati himbauan pemerintah, dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat, meskipun kita telah memasuki era New Normal atau hidup normal yang baru. New Normal tidak berarti kita kembali ke kehidupan normal seperti sebelum adanya pandemi COVID-19, namun kita menjalani pola hidup baru yang penuh kewaspadaan dan kehati-hatian, kehidupan masyarakat yang produktif namun aman dari COVID-19.

Menjaga jarak fisik dengan orang lain, memakai masker saat beraktifitas di luar rumah, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand
sanitizer sebelum menyentuh bagian wajah terutama mata, hidung, dan mulut, serta menghindari kerumunan atau berkumpulnya orang dalam jumlah banyak baik di dalam maupun di luar ruangan termasuk di lokasi perkebunan, menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan.

Jadikan hal ini sebagai gaya hidup yang baru agar kita terhindar dari COVID-19. Kita semua tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir.

“Oleh karena itu marilah kita beradaptasi dengan kehidupan yang baru ini, sambil terus berdoa agar kita semua diberi kesehatan, kekuatan, dan ketabahan. Tingkatkan imunitas tubuh kita masing-masing dengan cara makan makanan yang bergizi, mengkonsumsi vitamin seperlunya, istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)” Kata Potuh. (SLY)