Sistem Smart PDAM Dan Pelayanan Publik, Inovasi Terbaru PDAM Kota Tomohon

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Perusahan Daerah Air Minum ( PDAM) Kota Tomohon terus melakukan terobosan dan inovasi baru dalam pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efektifitas pekerjaan dan memaksimalkan pelayanan bagi pelanggan dengan meluncurkan sistem aplikasi Smart PDAM dan Pelayanan Publik yang di lauching oleh Wali Kota Tomohon Jimmy Feidi SE Ak bertempat di Kantor PDAM Kota Tomohon Kamis (15/3/2018).

Dalam sambutannya Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak memberikan Apresiasi yang tinggi dan merasa bangga atas inovasi yang telah di lakukan oleh PDAM Kota Tomoohon,

“Tentunya ini patut diberikan apresiasi yang luarbiasa,  kita menjadi bangga, bukan hanya pemerintah kota tapi juga unsur-unsur terkait dan sudah seharusnya juga menjadi kebanggan PDAM Kota Tomohon.” Ungkap Wali Kota.

Ditambahkannya, teknologi sudah merupakan kebutuhan dan sudah sepantasnya diterapkan demi kemudahan pelayanan bagi masyarakat. Berkinerja dan berinovasi dengan terobosan terobosan seperti ini, sudah memberikan sumbangsih yang besar terutama pelayanan air kepada masyarakat.

“Kita berharap lewat louncing smart PDAM dan pelayanan publik ini menjadi satu keabanggaan kita bersama dan semoga semangat kebangkitan PDAM ini, semangat pembaharuan dan keberhasilan PDAM menjadi keberhasilan pemerintah begitu juga sebaliknya keberhasilan pemerintah juga ditularkan untuk keberhasilan PDAM.” tutup Wali Kota.

Launching Smart PDAM dan Pelayanan Publik in ditandai dengan pembayaran tagihan rekening air oleh Wali Kota Tomohon, Jimmy F Eman SE.Ak, atas namanya lewat aplikasi Smart PDAM.

Sebelumnya Direktur PDAM Kota Tomohon Semuel Gosal ST dalam laporannya mengatakan bahwa sistem-sistem pada Smart PDAM bertujuan untuk mempermudah manajemen pekerjaan, sebagai fungsi kontroling pengelolaan keuangan dan laporan, transparansi serta mengontrol segala aktifitas di PDAM Kota Tomohon terutama dalam hal meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan menjadi lebih baik.

“Smart PDAM adalah sistem terintegrasi yang terdiri dari 11 (sebelas) program yang yang saling bersinergi dan terintegrasi yang dibuat khusus untuk kebutuhan sistem di PDAM Kota Tomohon dan diharapkan dengan adanya sistem Smart PDAM ini, data dan informasi dari berbagai bagian dapat saling terhubung dan terintegrasi dengan cepat, tepat, akurat dan transparan dan jika ingin mengontrol aktifitas di PDAM Kota Tomohon dapat langsung di akses kapan saja dan dimana saja.” ujar Gosal.

Sebelas kategori dalam aplikasi Smart PDAM dan Pelayanan Publik tersebut, yakni Smart Precence (kehadiran), Smart Personalia (kepegawaian dan penggajian), Smart Hublang (hubungan langganan dan data pelanggan), Smart Baca Meter (pembacaan meter), Smart Infotag (informasi tagihan), Smart Biling (pengolahan data tagihan dan pembayaran), Smart Loket (Pembayaran), Smart Gudang (manajemen gudang), Akuntansi, Perencanaan, dan Distribusi.

Pada acara ini juga diserahkan penyerahan santunan pensiun pada salah satu keluarga karyawan PDAM atas nama Alm Bastian Poluan yang diterima oleh istri almarhum Ibu Selvy Solang. santunan ini adalah  realisasi dari bentuk kerjasama PDAM Kota Tomohon dan Axa Finacial Indonesia untuk kesejahteraan karyawan dan pegawai PDAM.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc, perwakilan Agency Director Titanium ANT PT AXA Financial Indonesia Christiono Hendrawan dan Ketua Badan Pengawas PDAM Kota Tomohon Jefry Rampengan. (SLY)