SMPN 1 Kalawat Gelar Sosialisasi Antisipasi Ajakan Demo dan Anti Hoaks

KALAWAT,beritanusantara.co.id – Konten berbau Hoaks dan ajakan-ajakan menjadi peserta demonstrasi anarkis di kalangan pelajar di kabupaten Minahasa Utara, adalah alasan sehingga SMP Negeri 1 Kalawat, Rabu (02/10/2019) dengan bekerja sama dengan salah lembaga penyiaran berjaringan yakni Trans7 salah satu stasiun TV Swasta Nasional, melaksanakan sosialisasi kepada para siswa, yakni pengenalan adan cara antisipasi terhadap Konten berbau ajakan Demo dan Hoaks bagi seluruh siswa yang ada.

“Antisipasi terhadap pengaruh buruk pesan berantai yang berisi ajakan demo anarkis serta konten Hoaks, adalah faktor utama sehingga kegiatan ini dilaksankan. Siswa SMP seharusnya berada di bangku sekolah disaat jam belajar, bukan disibukkan dengan Demonstrasi seperti ajakan dari sumber-sumber yang tidak dapat dipercaya, melalui pesan media sosial. Dan kami sebagai Komite Sekolah sebagai perwakilan orang tua siswa merasa kegiatan ini memiliki manfaat yang besar,” kata Jemmy Karongkong Sekretaris mewakili ketua Komite Sekolah Berty Kapojos, S,Sos dan bendahara Denny K Lolong, S,Sos.

Dalam kesempatan tersebut lanjut Karongkong, para siswa kemudian dibekali dengan langkah-langkah menghindari konten negatif, dengan bijak menggunakan Handphone, Internet dan Media Sosial.

Terpisah, kepala SMP 1 Kalawat Sherly Dayoh, SPd mengatakan pihaknya merasa berterima kasih dengan kegiatan ini, sebab hal ini mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan oleh pihak sekolah dan orang tua siswa, terhadap para siswa ketika mereka menerima informasi-informasi dan terjebak dalam kegiatan yang seharusnya belum dapat dilakukan, seperti demo yang anarkis dan tidak seharusnya dilakukan siswa SMP, karena ajakan dari pesan-pesan singkat melalui media sosial yang berbau Hoaks dan menyesatkan.

“Memang saat ada penggeledahan tas milik siswa dan kami menemukan HP dan ternyata ada beberapa siswa yang menerima dan membaca pesan yang berisi ajakan demo dan ini harus dihindari bersama, sehingga kerjasama antara Sekolah dan orang tua siswa melalui komite sekolah yang ada, kami sangat harapkan dan berterima kasih juga kepada pihak Trans7 yang telah bekerjasama sehingga kegiatan ini bisa dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kalawat,” kata Dayoh.

Hadir dalam kegiatan ini, perwakilan Diknas Kabupaten Minut dan para siswa SMPN 1 Kalawat dari kelas 7,8 dan 9. (mt)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================