Sompie Prakarsai Festival Pulau Komang di Kalinaung

Hebber : Pasti Masuk Agenda Wisata Bahari Minut

LIKUPANG, beritanusantara.co.id –   Berbagai potensi pariwisata di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) layak diperhatikan dan kembangkan  seperti potensi wisata bahari di Pulau Komang wilayah desa Kalinaun Kecamatan Likupang Timur (Liktim).  Upaya mengembangkan potensi pariwisata di tempat ini audah diprakarsai salah satu pemerhati pariwisata Minut Denny Sompie, SE dengan menggelar event Festival Pulau Komang  yang berlangsung sejak Sabtu (1/12/2018) hingga Senin (3/12/2018), hari ini.

Menurut Sompie yang juga anggita DPRD Kabupaten Minut ini, dalam festival ini diadakan lomba perahu hias, perahu katinting 6.5 PK, 16 PK biasa, 16 PK double gir, 18 PK double gir, motor tempel 15 PK, katinting kelas bebas, dan Tarik tambang perahu pria dan wanita.

Bahkan secara mengejutkan, Festival Pulau Komang menjadi salah satu agenda Dinas Pariwisata dalam rangka HUT Minut ke-15 dan untuk mengangkat destinasi wisata bahari yang banyak terdapat di Minut.

Menurut Anggota Dewan Denny Sompie SE  festival ini digelar dengan maksud memberikan kesempatan kepada khalayak ramai untuk lebih mengenal Pulau Komang yang terdapat di wilayah Desa Kalinaun sekaligus juga memberikan kesempatan bagi warga nelayan yang biasanya menggunakan perahu untuk menangkap ikan dan mengantar wisatawan ke Pulau Komang.

“Tujuan dilaksanakannya Festival ini untuk memacu pariwisata di Sulut khususnya di Minut dimana potensi wisata bahari yang dikolaborsi dengan pencarian masyarakat sebagai nelayan. Festival ini sengaja dibuat di Kalinaun karena pulau komang memiliki pesona yang cukup menjanjikan sebagai salah satu wisata bahari yang sangat layak dinikmati oleh wisatawan. Festival ini akan diproyeksikan untuk menyambut Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Pariwisata yang akan digulirkan Pemprov lewat dana APBN pada tahun 2019 nanti,” terang Sompie.

Ditambahkan, potensi wisata ini dipadukan dengan pekerjaan warga sebagai nelayan, yang berisi adat istiadat untuk mengangkat Pulau Komang sebagai salah satu destinasi wisata bahari yang sangat menjanjikan.

Sementara itu Sekretaris Dinas Sri Hesty Hebber mewakili Kadis Pariwisata Minut dr Sandra Rottie mengungkapkan pihaknya sangat senang dengan adanya prakarsa masyarakat dalam menunjang pariwisata dan juga kagum melihat potensi wisata di Pulau Komang desa Kalinaun. Hal ini pasti akan ditindaklanjuti, apalagi sudah menjadi agenda tahunan dalam mengangkat potensi desa yang nantinya akan menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Minut.

“Acara ini sangat kami support, karena wilayah Kalinaun masuk dalam KEK Pariwisata, meskipun wilayah ini cukup jauh dari ibukota kabupaten tapi ternyata menyimpan potensi yang luar biasa yang perlu dikenalkan ke dunia luar,” tukas Hebber.

Hukum Tua Desa Kalinaun Hard Tinungki mengaku sangat senang dengan perhatian pemerintah Minut lewat Dinas Pariwisata bersama dengan anggota Dewan Minut Denny Sompie SE sebagai pemrakarsa acara.

“Kami berharap agenda ini bisa menjadi kalender tetap Dinas Pariwisata, dengan ini kami potensi wisata di desa kami bisa terangkat dan tentunya warga dapat menerima income yang berimbas pada kesejahteraanwarga desa,” ujar Tinungki.(mt/*)