Sukses Ciptakan Pemilu Damai di Minut, Polri/TNI Diapresiasi

Kapolres Minut : Kami Semata-mata Melaksanakan Tugas Pengamanan

Kapolres Minut AKBP Jefri Siagian SIK

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id – Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Pilpres dan Pemilu Calon Anggota Legislatif (Pilcaleg), telah memasuki tahapan akhir, hingga pleno KPU Provinsi Sulut.

Pada pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu Tingkat Kabupaten, Jumat 3 Mei 2019 hingga saat ini, kondisi Kabupaten Minahasa Utara (Minut) tetap terjaga aman dan damai dan terkendali untuk situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kondisi ini merupakan bentuk tanggap cepat dan baiknya kinerja aparat Polres Minut, baik ketika mengawal pendistribusian logistik Pemilu, maupun antisipasi peluang terjadi kecurangan ketika pelaksanaan Pungut Hitung, Perhitungan, Pendistribusian serta proses rekapitulasi data.

Ketatnya pengawalan  proses pleno KPU Minut, yang berlangsung selama 5 hari, Selasa-Sabtu (30 April-4 Mei 2019) di Hotel SutanRaja Minut, tak lepas dari baiknya kinerja Kapolres Minut AKBP Jefri Siagian SIK serta jajaran dalam mengawal perintah Kapolri.

“Saya selaku Ketua DPC PDIP Minut menyampaikan terima kasih kepada aparat TNI, teristimewa pihak Kepolisian yang sudah menciptakan kondisi keamanan yang stabil di Minut, sehingga pelaksanaan setiap tahapan Pemilu dapat berlangsung dengan aman dan tertib,” ungkap Denny Lolong ketua DPC PDIP Minut.

Apresiasi positif untuk kinerja Kepolisian juga diungkapkan Edwin Nelwan anggota DPRD Minut. Nelwan menyebutkan apa yang telah dialksanakan oleh Polri dan TNI sudah sangat maksimal dan sangat baik, ini dibuktikan dengan tidak adanya gangguan dalam setiap tahapan proses Pemilu, baik sosialisasi, kampanye, pungut hitung, rekapitulasi hasil hingga pelaksanaan pleno.

“Perlu mendapat perhatian serius terhadap kinerja Polisi dan TNI, kami berterima kasih, atas kondisi serta situasi Minut yang aman terkendali,” kata Nelwan.

Kapolres Minut AKBP Jefri Siagian SIK mengatakan, untuk pleno tingkat kabupaten, pihaknya menerjunkan 80 anggota.

“Mengamankan pesta demokrasi, adalah tugas kami. Upaya ini guna menjaga kepercayaan masyarakat kepada kami. Karena itu Polres dan TNI terus bekerja sama untuk menjamin situasi tetap terkendali. Seluruh personel baik Polri maupun TNI berjaga tanpa henti untuk memastikan semua berjalan aman dan lancar,” ujar Kapolres.

Senada dengan Kapolres, Dandim 1310 Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat mengatakan, kalau TNI penuh kesiapan bekerja sama dengan Polres guna menciptakan keadaan aman dan kondusif saat pelaksanaan pemilu.

“Intinya kami TNI khususnya Kodim 1310 dan Polres Minut siap membackup semua tahapan pemilu sampai selesai. Keamanan merupakan tanggung jawab bersama,” ujar Kusnandar.(mt)