Tamang Bae Itu Kembali ke Pencipta

“Selamat jalan suamiku Tercinta.. Semoga seluruh peluh dan tetesan keringat yang kau keluarkan dalam perjuanganmu mencari nafkah untuk keluargamu senantiasa berkah dan di balas dengan surga… Amin”

In Memorian Tonaas Dede Melvin Hermanes Katoppo

KALANGAN adat dan Kebudayaan Tanah Toar Lumimuut (Minahasa) Rabu (11/07/2018) dibuat terperanjat dan berduka serta menangis sedih.

Sosok tegar budayawan Minahasa sejati, bernama Dede Melvin Hermanes Katoppo seorang Tonaas Pakhampetan senior,  menghadap Opo Empung – Si Amang Kasuruan Wangko (Tuhan Yang Maha Kuasa), setelah berjuang mempertahankan tubuh kasarnya dari rongrongan penyakit yang dideritanya.

Banyak kenangan yang tertinggal dengan sosok pria Kebapakkan dengan julukan Tonaas Tamang Bae suami dan ayah Rinny Makmur dan si kecil El serta calon bayi.

“Nyanda sangka, pe capat skali, ” ungkapan pasrah sang Istri Rini yang saat ini sedang mengandung, tanpa bisa menyembunyikan air muka sedih walaupun terlihat tegar.

Rini : Lelaki terhebat dan terbaik yang perna kita kanal….makase selama ini Chink so sayang deng iko Rini pe mau sekarang so nda ada lagi Rini pe tampa mengeluh tampa ba curhat pokoknya samua… Rasa nda sanggup mo jalani ini semua..masih nda percaya Chink so kase tinggal pa Rini deng ade sandiri padahal torang ada tunggu kelahiran dede bayi yg masihh dalam perut mar apa boleh buat takdir berkata lain… 😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭

Hubungan baik dengan semua pelaku Budaya dan Adat baik Minahasa maupun dari daerah lain, membuat kabar dukacita seolah olah hanya kabar angin semata, sebab banyak tidak percaya akan kepergian lelaki periang ini.

Postingan medsos, akhirnya menjelaskan berpulangnya Sang Chink, demikian panggilan kesayangan Tonaas penghobi Touring Motor Honda ini, yang akan dikebumikan Jumat 13 Juli 2018 di pekuburan  umum Ares Manado. Selamat jalan sahabat, selamat jalan Saudara, perjuanganmu mengangkat dan melestarikan budaya Malesung, pasti diteruskan. (Meiyer)