Taufik Tumbelaka Serukan Agar Masyarakat Jangan Salah Pilih Wakil Rakyat!

MANADO, beritanusantara.co.id – Pemilihan Legislatif (Pilcaleg) 2019-2024 sudah mulai bergulir, dan kini berada pada tahapan pendaftaran bakal Calon Legislatif (Caleg), yang dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejak 4 Juli 2018 lalu. Terkait hal ini, masyarakat diingatkan agar tidak salah memilih figur-figur yang nantinya menyandang status sebagai wakil rakyat.

Hal itu sebagaana diserukan Pengamat politik dan pemerintahan, Taufik Manuel Tumbelaka. Aktivis nasional jebolan Universitas Gajah Mada (UGM) ini mengharapkan agar masyarakat jeli dan tidak terjebak pada pencitraan para caleg nanti, baik itu untuk untuk tataran DPRD kabupaten/kota dan provinsi, maupun DPD dan DPR-RI.

“Saya menyarankan agar masyarakat untuk jeli dalam memilih. Sebab, nantinya akan ada banyak figur yang akan dimunculkan oleh semua partai politik di semua daerah pemilihan,” ujar Tumbelaka, saat berdialog dengan sejumlah wartawan di kawasan KONI Manado, Selasa (10/7/2018)

Ditambahkannya, penting bagi masyarakat untuk mengetahui latar belakang juga prestasi serta rekam jejak bakal calon. Begitu juga kemampuan, kemauan dan niat tulus untuk mengabdi memperjuangkan aspirasi masyatakat merupakan indikator utama yang harus dimiliki oleh bakal calon anggota legislatif.

“Wakil raykat harus memiliki sumber daya manusia yang mumpuni, mengingat tugas pokok dan fungsi dari para legislatif yang sangat kompleks yakni menjalankan fungsi pengawasan, budjeting dan legislasi. Artinya anggota dewan harus memiliki kemampuan memperjuangkan, bukan mengeksekusi yang menjadi tugas eksekutif,” pungkas Tumbelaka.