TGR 2016 di Minut “Masih” Rp.1,5 Miliar

Umbase : Tidak Bayar TGR Siap-Siap Dipidanakan

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id – Tuntutan Ganti Rugi (TGR) di pemerintah kabupaten Minahasa Utara (Minut) untuk tahun 2016 sesuai data di Inspektorat Minut, masih pada kirasan 1,5 Miliar rupiah yang belum direalisasikan. Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Inspektorat Pemkab Minut Mayuntu Umbase S.Sos pada beritanusantara.co.id kemarin di Minut.

Umbase menyebutkan TGR ini terbesar berada pada pihak ketiga, yang melaksanakan pekerjaan di wilayah Minut, sedangkan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) tinggal berada pada staf sebab untuk pimpinan SKPD umumnya sudah melunasi TGR.

“Pihak ketiga terbesar untuk TGR ini, dan jika dalam waktu yang ditentukan sesuai dengan perjanjian, tidak dibayarkan ke kas negara, maka yang bersangkutan siap-siap untuk berhadapan dengan hukum, sebab kami akan melimpahkan urusan ini ke pihak berwajib,” tegas pejabat yang menyelesaikan kesarjanaan ini di Fisip Unsrat setelah mengenyam pendidikan di Akedemi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN). 

Selanjutnya salah satu birokrat senior Minut ini menyebutkan, mengacu pada aturan yang baru tidak ada lagi waktu yang panjang untuk pembayaran TGR, sebab hanya diberikan waktu hingga 60 hari setelah LHP atau rekomendasi TGR keluar. “60 hari setelah LHP,  maka TGR tersebut harus sudah dilunasi dan ini sudah diberlakukan untuk tahun 2018 ini,” tutup Umbase. (mt)