Tidak Ada Penambahan Kasus Positif Covid-19, Pemkot Tomohon Imbau Masyarakat Tetap Waspada

TOMOHON , beritanusantara.co.id Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tomohon dalam pers release Rabu (17/6/2020) menyampaikan hari ini tidak ada pertambahan jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Tomohon. Jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 tetap tercatat 40 orang. Namun demikian Pemkot Tomohon Tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada.

Pemerintah Kota Tomohon melalui Gugus Tugas terus memberikan imbauan agar masyarakat tetap mewaspadai transmisi lokal yang ada di Tomohon, tetap mematuhi himbauan pemerintah, dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat antara lain tetap menjaga jarak fisik dengan orang lain, tetap memakai masker jika berada di luar rumah, dan rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, hindari menyentuh bagian wajah terutama mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan.

Selanjutnya disampaikan pula bahwa pasien dalam pengawasan (PDP) di Kota Tomohon hari ini bertambah 1 orang pasien baru, namun ada juga 1 orang pasien yang semula PDP telah keluar rumah sakit dengan hasil swab test dua kali negatif dan dinyatakan bukan covid-19, sehingga dikategorikan bukan lagi PDP.

Pemerintah juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua tenaga medis / tenaga kesehatan untuk segala dedikasi dan pengabdian yang diberikan dalam merawat dan mendampingi semua pasien covid-19, juga yang tak kenal lelah dan tak kenal waktu dalam menangani spesimen dan menjemput hasil pemeriksaannya di laboratorium, juga kepada seluruh masyarakat yang terus menopang dan memberikan dukungan semangat, serta tidak memberi stigma negatif kepada pasien covid-19 dan keluarganya.

Mari bersama-sama kita lawan dan putuskan mata rantai penyebaran covid-19 di kota tomohon dengan cara selalu berdoa dan mendekatkan diri kepada tuhan, menjaga jarak fisik dengan orang lain minimal 2 meter, selalu gunakan masker jika harus keluar rumah, rajin cuci tangan pakai sabun di air mengalir, jangan menyentuh bagian wajah terutama mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan, tingkatkan imunitas tubuh dengan makan makanan bergizi dan rajin berolahraga dan terapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). (SLY)