Toar Polakitan Sosialisasikan Perda APBD Kota Tomohon T.A 2022

Tomohon, Beritanusantara.co.id – Upaya untuk membekali masyarakat agar dapat memahami fungsi dan peran lembaga legislatif serta kinerja lembaga eksekutif terus dilakoni anggota DPRD Kota Tomohon Toar Polakitan, SE. Satu diantaranya yaitu lewat kegiatan sosialisasi atas Perda nomor 7 Tahun 2021 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tomohon Tahun Anggaran 2022, sebagaimana digelar di Wale Batamang Kelurahan Kinilow Satu, Selasa (26/4/2022).

Dalam pemaparannya, Polakitan mengutarakan bahwa sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui tentang APBD. Menurutnya, ada dua hal yang harus dipahami, pertama yaitu tahapan pembahasan panjang di lembaga legislatif bersama eksekutif, serta implementasi pemanfaatan APBD oleh pemerintah. “Penting bagi masyarakat untuk bisa tahu dan paham terhadap APBD di setiap tahun anggaran berjalan, semisal di tahun dua ribu dua puluh dua ini. Juga agar masyarakat tidak beropini terhadap jalannya roda pemerintahan termasuk progres pembangunan, karena semuanya diatur oleh APBD,” ujarnya.

Polakitan yang juga menjabat sebagai anggota Badan Anggaran (Banggar) di DPRD Kota Tomohon ikut menjelaskan bahwa selain lembaga legislatif, masyarakat juga berhak untuk mengawal dan mengawasi pemanfaatan APBD oleh pemerintah. “Jika masyarakat bersinergi dengan pemerintah dan DPRD, maka harapan untuk mewujudkan Kota Tomohon lebih maju sesuai visi dan misi pemerintah,” ujar politisi Partai Golkar itu, seraya mengajak agar masyarakat terus mendukung pencapaian visi dan misi pemerintah saat ini.

Dikesempatan yang sama, Kepala Bidang Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah, Joulanda Caroline Undap, SP,MAP menjelaskan tentang isi APBD Kota Tomohon Tahun 2022. Disampaikannya bahwa untuk pos pendapatan daerah diproyeksikan sebesar Rp 624.279.082.698, dan belanja daerah Rp 677.000.975.540. Sedangkan pembiayaan netto untuk menutupi defisit antara pendapatan dan belanja daerah sebesar Rp 52.721.892.842. “Itulah anggaran yang dikelola pemerintah untuk menjalan roda pemerintahan di Kota Tomohon, termasuk pembiayaan bantuan social bagi para orang tua lanjut usia atau lansia, juga bantuan dana duka dan lain sebagianya,” ujar Undap.

Diketahui, sosialisasi ini dihadiri unsur pemerintah kelurahan, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta masyarakat umum lainnya, dan diisi dengan proses tanya-jawab.(redaksi)