Tomohon Jadi Lokasi Proyek Kerjasama Teknis JICA

TOMOHON, beritanusantara.co.id  – Kota Tomohon menjadi salah satu Kota dibeberapa Provinsi di Indonesia yang menjadi tempat pelaksanaa kegiatan Program Pelatihan Internasional bahasa inggris ITP (International Training Program). ini terungkap saat Tim Badan Kerjasama Internasional Jepang (JICA), Kementerian kesehatan, bersama Kemensekneg mengunjungi Kota Tomohon pada Rabu (5/9/19).

Kunjungan diawali di Kantor Kelurahan Taratara satu Tomohon Barat, dilanjutkan diberbagai tempat yang ada.

maksud Kunjungan ini dalam rangka persiapan kegiatan Program Pelatihan Internasional yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 18 September nanti di Kota Tomohon.

Program yang akan dilaksanakan adalah Pelatihan Internasional tentang penguatan Implementasi buku pegangan Kesehatan Ibu dan Anak dalam Kolaborasi dengan Organisasi Profesional.

sebagai pelaksana adalah Pemerintah Indonesia berkolaborasi dengan Pemerintah Jepang sehubungan dengan kerangka kerja Proyek Kerjasama Teknis JICA.

sebagai peserta kursus nantinya berasal dari negara-negara berkembang yang memenuhi syarat di Asia Afrika. kegiatan ini sendiri berkaitan dengan pembelajaran tentang buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), dikarenakan juga Kota Tomohon berprestasi dalam hal ini.

Kegiatan ini rencananya akan diikuti 8 negara diantaranya Afganistan, Laos, Kenya, Kamboja, Myanmar, Indonesia. dan sebagai materi peserta akan dapat mempelajari masalah teknis tentang implementasi buku KIA seperti bagaimana mengidentifikasi strategi pelaksanaan untuk memperkuat layanan KIA melalui penggunaan buku KIA, Cara pendekatan untuk mendapatkan organisasi profesional, pemerintah daerah, antar sektor, dan komitmen masyarakat tentang pemanfaatan buku pegangan KIA; dan bagaimana menerapkan kegiatan yang diperlukan pada proses revisi buku pegangan KIA.

Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk membahas strategi tentang bagaimana memperluas cakupan layanan KIA menggunakan buku pegangan KIA, melalui pendekatan pemerintah daerah, kolaborasi dengan program dan sektor terkait; untuk membahas bagaimana meningkatkan kesadaran dan komitmen organisasi profesi tentang implementasi buku pegangan KIA; untuk berbagi pengalaman tentang implementasi buku pegangan KIA termasuk pengembangan atau / dan proses revisi di setiap negara dan untuk membahas cara meningkatkan pengetahuan penyedia layanan KIA dalam implementasi buku pegangan KIA. (SLY)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================