Transparansi Penyetoran dan Realisasi Pajak, Badan Keuangan Minut Pakai “Sibunga”

Memberi Kemudahan Pembayaran PBB oleh Wajib Pajak

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id – Dalam waktu yang tidak lama lagi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minut melalui Badan Keuangan akan menggunakan mekanisme baru pengelolahan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melalui aplikasi yang diberinama Sistem Informasi Pajak Bumi dan Bangunan (Sibunga).
Kepala badan (Kaban) Keuangan Robby Parengkuan SH menyebutkan tujuan utama penggunaan Sibunga adalah, mempercepat laporan pendataan dan realisasi penerimaan serta pembayaran subyek pajak, sekaligus mempermudah wajib pajak dalam menghitung besar pajak yang harus disetorkan. Hal ini lanjut Parengkuan, akan membuat realisasi pendapatan daerah menjai lebih transparan ke masyarakat.

“Aplikasi Sibunga masih sedang direalisasikan, sebab ada beberapa instansi yang dilibatkan sebagsi pemangku kebijakan, yakni Pemkab Minut, Bank Sulutgo Cabang Airmadidi, Badan Pertanahan Negara (BPN) Minut, juga akademisi, notaris, LSM dan media, yang dapat memberikan masukan serta saran, agar Sibunga ini berjalan dengan sebagaimana yang diharapkan, usai dilaunching. Badan Keuangan sangat berterimakasih kepada sejumlah pihak yang ikut dan memberikan masukan dalam rapat yang sudah dilaksanakan Rabu 29 Maret kemain,” kata Parengkuan kepada awak media Kamis (30/03/2018).

Selanjutnya Parengkuan menyebutkan dua manfaat dengan penggunaan aplikasi Sibunga, yakni internal yakni mempermudah pengawasan perkembangan daerah karena dikontrol melalui jaringan dan citra satelit, mempermudah dalam proses penagihan PBB-P2, sebagai acuan melakukan proyeksi potensi pajak PBB-P2 untuk tahun berikutnya, sekaligus mengubah sikap dan mental pegawai dalam melayani masyarakat untuk pengurusan PBB-P2. Sedangkan manfaat untuk eksternal yakni memberikan kemudahan bagi wajib pajak untuk mendapat informasi nilai jual tanah yang relalistis, sesuai dengan aturan pemerintah dalam menentukan zona nilai tanah. Selanjunta katanya, mempermudah masyarakat mendapatkan informasi PBB-P2 karena dapat diakses pada website resmi Badan Keuangan Minut.

“Saya berharap Sibunga ini dapat memberi percepatan pembanguan dan pelayanan ke masyarakat demi Minut yang lebih baik dan sejahtera. Tentunya keberhasilan ini tak lapas dari peranserta masyarakat yang tetap mendukung program pemerintah, terutama di Minut,” tegas kaban. (mt)