Untuk Ketahanan Pangan, Polnustar Terapkan Konsep Minahortikultura dan Vertiminaponik

SANGIHE, beritanusantara.co.id – Peran serta pihak Perguruan Tinggi (PT) Politeknik Nusa Utara (Polnustar) dalam mengantisipasi terjadinya krisis Pangan di daerah ini patut diberi apresiasi serta dukungan penuh dari seluruh masyarakat bahkan pemerintah daerah.

Hal ini terbukti ketika tim Polnustar yang diketuai Yessi AP Manganang SPi MSc, bersama Jetti T Saselah SPi MSi dan Bili Melupite Amd Pi serta sejumlah alumni dan mahasiswa jurusan Budidaya, menggelar sosialisasi Pemanfaatan Potensi Lahan Pekarangan di Kampung Barangkalang Kecamatan Manganitu, Sabtu (12/10).

Tiga kelompok Budidaya ikan air tawar bersama anggotanya hadir pada acara sosialisasi pemanfaatan potensi lahan pekarangan dan pematang kolam ikan untuk ketahanan pangan dengan menggunakan konsep Minahortikultura dan Vertiminaponik.

“Tujuan sosialisasi pemberdayaan dengan menggunakan konsep Minahortikultura dan Vertiminaponik ini, adalah memanfaatkan bagian lahan pekarangan rumah dan pematang kolam untuk diletak tanaman berupa sayuran dan tanaman hias dimana selain menambah keindahan kesejukan pekarangan rumah, juga dalam satu siklus anggota keluarga dapat memanen sayuran maupun ikan hasil budidaya di kolam milik warga masing-masing,” ujar Manganang.

Wanita dengan gelar S2 budidaya ikan air tawar ini dan juga sebagai Dosen itu menambahkan, kegiatan yang mereka langsanakan tersebut selain sebagai Program utama Perguruan Tinggi, juga untuk memberdayakan masyarakat melalui kelompok budidaya ikan air tawar dengan memadukan konsep perikanan dan pertanian untuk ketahanan pangan.

Sementara itu, Kapitalaung Kampung Barangkalang, Franky Siri menyatakan kegembiraannya serta terimakasih tak terhingga kepada pihak Polnustar yang menjadikan Barangkalang sebagai Kampung pertama digelarnya sosialisasi tentang pemanfaatan potensi lahan pekarangan dengan konsep Minahortikultura dan Vertiminaponik dalam menciptakan ketahanan pangan. (allen)

============================================================================== ******************* beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================